Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2021

Jember (stdiis.ac.id) –

Masih dalam situasi pandemi Covid-19, Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun ini dilaksanakan dengan metode daring atau online. Sebanyak 667 mahasiswa baru STDI Imam Syafi’i mengikuti kegiatan ini melalui aplikasi Zoom meeting. PKKMB berlangsung selama empat hari, mulai dari Senin (6/9/2021) s.d. Kamis (9/9/2021).

Kegiatan PKKMB hari pertama dimulai pada pukul 8 pagi, bertempat di Aula Lt.2 Gedung Kuliah Putra. Diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh Dewan Pembina Yayasan Imam Syafi’i, Drs. Umar Hasan Jawas, didampingi Ketua Yayasan, Muhammad Umar Jawas, Lc., dan Ketua STDI Imam Syafi’i, Dr. Muhamad Arifin Badri, M.A.

Dengan tema PKKMB: “Menggapai Asa dengan Akhlak Mulia”, panitia menyusun beragam materi yang secara garis besar terbagi menjadi enam kategori:

  1. Bidang akademik yang meliputi peraturan akademik, program studi, administrasi akademik, penerapan teknologi informasi dalam perkuliahan, e-learning. Materi ini disampaikan oleh Pembantu Ketua I Bidang Akademik, Anas Burhanuddin, Lc., M.A. beserta jajarannya.
  2. Bidang kemahasiswaan yang mencakup aturan dan kode etik kemahasiswaan, pengasuhan/keasramaan, kegiatan ekstrakurikuler, dan organsiasi kemahasiswaan. Yang bertindak sebagai narasumber adalah Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kepala Sub Bidang di dalamnya.
  3. Bidang keuangan berisi tentang sosialisasi kebijakan pembayaran, tunggakan dan keringanan. Materi ini dibawakan secara langsung oleh Pembantu Ketua II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Ahyat Habibi, Lc., M.Pd.
  4. Bidang pertahanan, diberikan dengan tujuan untuk membina kesadaran bela negara dan cinta tanah air. Materi ini dapat terlaksana bekerjasama dengan Koramil 0824/11 Sumbersari Jember.
  5. Bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, merupakan aspek yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Diisi oleh pemateri dari Kepolisian Republik Indonesia Sektor Sumbersari, Jember.
  6. Bidang kesehatan, menjadi perhatian karean terkait dengan kondisi pandemi saat ini. Kegiatannya berupa penyuluhan dari Kepala Puskesmas Sumbersari, yang membahas tentang Kesehatan di Era Tatanan Kehidupan Baru.

Dengan berbagai kegiatan dan materi tersebut, mahasiswa baru diharapkan memiliki bekal awal dalam menjalani perkuliahan / kehidupan di kampus STDI Imam Syafi’i, guna meraih cita-cita dan masa depan yang mereka dambakan. Rangkaian acara selama empat hari PPKMB ditutup secara resmi oleh Pembantu Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *