STDIIS Jember Hari Ini Laksanakan Tes PMB Secara Online

STDIIS Jember Hari Ini Laksanakan Tes PMB Secara Online

Jember (stdiis.ac.id) – Berbeda dengan suasana penerimaan mahasiswa baru (PMB) di tahun-tahun sebelumnya, kali ini panitia PMB kampus STDIIS Jember harus melaksanakan tes kepada para calon mahasiswa baru (camaba) tahun ajaran 2020 secara daring. Hal ini menyesuaikan arahan pemerintah terkait protokol kesehatan di era tatanan kehidupan baru atau New Normal.

“Tahun ini, berhubung kondisi sedang pandemi, maka mau nggak mau kita harus melakukan perubahan proses PMB di tengah jalan.” Ujar Ustadz Arif Husnul Khuluq, Ketua Panitia PMB. (6 Juli 2020 / 15 Dzulqo’dah 1441 H)

Menurutnya, walaupun secara online, proses PMB ini tetap harus dilaksanakan secara profesional guna menyeleksi camaba yang berkualitas dan sesuai standar kampus. Tes yang dilaksanakan dari tanggal 6 – 7 Juli 2020 ini terbagi dalam 2 kategori, yakni tes tulis dan tes lisan.

Dengan keterbatasan waktu, panitia bekerja keras mempersiapkan tes online ini sebaik mungkin. Berbeda dengan tes offline yang kemungkinan dapat dilaksanakan hanya dengan 1 jenis soal saja, tes online ini memerlukan jenis soal yang lebih variatif jumlahnya dan dapat diacak. Jadi, camaba satu akan menjumpai soal yang berbeda dengan camaba lainnya.

 “Jadi (jenis soal yang variatif itu) meminimalisir kecurangan, ataupun seandainya terjadi tes susulan juga kita dengan mudah membuat soal baru.” Imbuhnya.

Tes susulan bagi camaba hanya diberikan dengan persyaratan tertentu, misalnya kendala koneksi atau jaringan, atau alasan lain yang dapat ditolelir oleh pihak panitia. Menimbang kondisi daerah yang berbeda satu dengan lainnya.

Dia juga berpesan agar camaba berlaku jujur, senantiasa memperhatikan jadwal, batasan waktu serta aturan dari panitia agar dapat mengikuti proses ini dengan baik.

“Kalau offline itu ada pengawas dari panitia PMB, adapun online maka tentunya tidak ada pengawas dari panitia PMB, artinya yang akan mengawasi adalah Rabbul Alamin. Maka, justru ini mudah-mudahan, hikmah besar dibalik ini adalah mengajari kita semua untuk belajar jujur, walaupun tidak diawasi manusia.” Pungkasnya.

Hal-hal yang perlu dipersiapkan camaba saat melaksanakan tes PMB adalah koneksi atau jaringan yang baik, earphone untuk mendengarkan soal berupa suara dan juga mikrofon (bisa mikrofon terpisah atau yang tergabung dengan earphone) untuk menjawab soal tes lisan.

Berikut jadwal tes PMB STDIIS Jember secara online:
Tes Tulis:
– S1: Senin, 06 Juli 2020 pukul 07.30 – 09.30 WIB
– I’dad Lanjutan: Senin, 06 Juli 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB
– I’dad Pemula: Senin, 06 Juli 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB
Tes Lisan:
– S1: Selasa, 07 Juli 2020 pukul 07.30 – 09.30 WIB
– I’dad Lanjutan: Selasa, 07 Juli 2020 pukul 10.00 – 12.00 WIB
– I’dad Pemula: Selasa, 07 Juli 2020 pukul 13.00 – 15.00 WIB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *