Pengumuman Program Beasiswa Pemkab Jember

Pengumuman Program Beasiswa Pemkab Jember

Jember (stdiis.ac.id) – Guna meningkatkan akses dan kesempatan belajar, serta meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di kabupaten Jember, Bupati dan Wakil Bupati Jember turut mengundang mahasiswa/i STDI Imam Syafi’i Jember untuk mengajukan program beasiswa Pemkab Jember.

Pemberian 1.000 kuota beasiswa per tahun ini berupa biaya kuliah (bagi mahasiswa terjaring) dan biaya hidup (bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu).

Beberapa alasan permohonan beasiswa dapat diterima, yakni penduduk asli Jember (dibuktikan dengan KTP dan KK), yatim/piatu/yatim piatu, fakir miskin, difabel, keluarga veteran, keluarga Program Keluarga Harapan (PKH), keluarga kader posyandu, buruh perkebunan milik swasta/ PDP Kahyangan/ tani/ nelayan, Guru PAUD/ Raudhatul Athfal/ Swasta, keluarga guru ngaji, penghasilan di bawah 3 juta/ bulan dan nilai IPK tinggi (prestasi luar biasa).

Sementara beberapa alasan permohonan beasiswa tidak dapat diterima, yakni bukan penduduk asli Jember, penghasilan orang tua di atas 3 juta/bulan, mendapatkan beasiswa dari tempat lain dan dari keluarga mampu (dilihat dari rumah/ kendaraan bermotor/ mobil/ kepemilikan harta lain).

Foto: Kongres Penerima Beasiswa Perguruan Tinggi Tahun 2018
source: jemberkab.go.id

Dukutip dari laman resmi Pemkab Jember jemberkab.go.id, di tahun 2020 ini pemerintah memilah menjadi dua golongan. Pertama, beasiswa dari belanja bantuan sosial dengan persyaratan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM). Kedua, beasiswa prestasi, yang tidak menilai dari keluarga mampu atau tidak mampu. Murni melihat prestasi yang dimiliki pemohon beasiswa.

Prestasi tersebut bisa akademik, yang dibuktikan dengan kemampuannya meraih Indeks Prestasi 4.0. Atau prestasi non akademik, seperti prestasi olahraga, prestasi seni. Atau hafidz dan hafidzah dengan bukti sertifikat dari lembaga-lembaga tahfidz resmi dengan tanda tangan pengurus.

Berikut persyaratan yang harus dipenuhi oleh mahasiswa/i untuk pengajuan bantuan beasiswa:

  1. Foto berwarna 4×6 sebanyak 2 lembar.
  2. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa bermaterai 6000.
  3. Buat surat permohonan.
  4. surat keterangan aktif kuliah dari fakultas.
  5. Kartu Rencana Study (KRS) dari fakultas.
  6. Tanda bukti Pembayaran saat registrasi Maba.
  7. KK.
  8. KTP ayah dn ibu.
  9. KTP Mahasiswa yang bersangkutan.
  10. Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) bagi yg punya.
  11. Semua persyaratan dimasukkan ke Map/Amplop Coklat dan dibuat rangkap 2 (1 bendel Asli dan 1 bendel Fotocopyan).

Semua berkas permohonan diantar sendiri ke Rumah Dinas Bupati Jember (Pendopo Wahya Wibawa Graha).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *