Penyuluhan Pembinaan Masyarakat

Penyuluhan Pembinaan Masyarakat

Jember (stdiis.ac.id) – Kampus STDIIS Jember dibantu oleh BEM STDI IS telah menyelenggarakan penyuluhan dari kasat BINMAS Polres Jember yang diisi oleh IPDA Iswanto yang menjelaskan tentang Cyber Crime (Senin, 31/10/2022). Acara tersebut dibuka oleh moderator acara dan membacakan susunan acara:

  • Pembukaan.
  • Sambutan Ketua STDI IS atau yang mewakili.
  • Penyampaian materi.
  • Tanya Jawab.
  • Penutupan.

Setelah acara dibuka oleh moderator kemudian acara dilanjutkan kepada acara yang kedua yaitu sambutan dari pembantu ketua 1 bidang akademik yaitu ustadz Anas Burhanudin, M.A.
Beliau membuka kata sambutannya dengan sabda Rosulullah sholallahualaihi wasalam “sebaik-baik pemimpin kalian adalah yang mencintai kalian dan kalian mencitainya, kalian mendoakan mereka dan mereka mendoakan kalian”. sabda nabi muhammad inilah yang ingin kita wujudkan dan insyaallah sudah terwujud dalam kunjungan bapak kita bapak IPDA Iswanto. ujar ustadz Anas Burhanudin, M.A.

Setelah menyampaikan sambutannya acara dilanjutkan moderator penyampaian materi oleh IPDA Iswanto. setelah memperkenalkan diri kepada audiens dan memberikan muqodimah sebelum materi inti pak Is (Iswanto) mengingatkan kepada para mahasiswa dalam berselancar didunia maya. Ada beberapa point yang dapat kita ambil dalam bermain didunia maya:

Pertama, mengingatkan bawha negara kita yang meberikan kebebasan dalam mengungkapkan aspirasi juga memiliki undang-undang berlaku dalam dunia nyata maupun dalam dunia maya.

Kedua, menjelaskan keberanekaragaman yang ada indonesia dan setiap daerah memiliki adat istiadatnya masing-masing yang memiliki tata kramanya masing-masing pula. Pak Is mengingatkan para mahasiswa/mahasiswi yang kebanyakan adalah pendatang mengatakan “mau tidak mau adek-adek sekalian harus mengikuti ada yang ada disini”.

ketiga, Pak Is berpesan “disini memliki matahari hanya satu dan setiap keputusan dari ketua, apapun aspirasi teman teman mahsiswa dapat di sampaikan kepada yang bersangkutan akan tetapi keputusan tetap dibawah kendali ketua” ujar Pak Iswanto.

kemudian masuk sesi tanya jawab dari mahsiswa, ada beberapa mahasiswa yang mengajukan beberap pertanyaan dan langsung di tanggapi oleh BINMAS yang bertugas kemudia Ketua STDI IS meberikan pasan terakhir didepan para hadirin dan menegaskan tawaran yang diberikan bagi mahasiswa yang berminat bergabung dalam Kepolisian melewati jalur khusus agar dapat menjadi ASN dan berpesan “jadilah orang yang paling ramah dimanapun kita berada dan tampakkan bahwa mahasiswa/mahasiswi menebar kasih sayang bukan menebar kebencian” ustadz Dr Arifin Badri, M.A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *