WORKSHOP Merajut Karya untuk Kemaslahatan Ummat

WORKSHOP Merajut Karya untuk Kemaslahatan Ummat

Jember (stdiis.ac.id) – Alhamdulillah dengan izin Allah Azza wa Jalla dan limpahan nikmat, serta hidayah-Nya, pada hari Selasa, 20 Rabiul Akhir 1444 / 15 Februari 2022, STDI Imam Syafi’I Jember Bersama P3M & Dakwah bersama PUKET I (Akademik) telah melaksanakan workshop bertajuk “Merajut Karya Untuk Kemaslahatan Ummat” dengan sub tema “Upgrading Potensi Ilmiah Mahasiswa Berkolaborasi Bersama Dosen”. Seminar kali ini dihadiri oleh dua pemateri, beliau adalah Iman Harymawan, Ph.D (Kepala Asosiasi Pusat Pengembangan Jurnal & Publikasi Ilmiah Universitas Airlangga) serta Dr. Taufan Bramantoro, drg., M.Kes. (Trainer Metodologi Penelitian & Statistik & Dosen Universitas Airlangga) sebagai penyampai materi, dan diikuti oleh segenap mahasiswa semester lima kmapus STDI Imam Syafi’I Jember.

Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua STDI Imam Syafi’I Jember, Ustadz Dr. Muhammad Arifin, M.A. beliau menyampaikan bahwa dengan adanya seminar kali ini, adanya berbagi pengalaman dalam bidang keilmuan dapat mengikis adanya praktik hasad, iri dengki, serta praktik keegoisan, dan tidak sehat dalam bidang keilmuan.

Sesi pertama disampaikan oleh Iman Harymawan, Ph.D, salah satu materi yang beliau sampaikan adalah: “Universitas merupakan miniature dalam sebuah negara, miniatur konsep Pendidikan dari sebuah negara. Dari awal masuk Mahasiswa sudah harus memikirkan peran peradaban, apa yang akan saya ambil?” ungkap beliau. Di sela itu beliau juga menyampaikan: “Pencapaian yang saya capai ini tentunya dengan izin Allah, kemudian dengan ridho orang tua”

Mengingatkan kita semua kepada hadis Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam: “Ridha Allah ada pada ridha kedua orang tua dan kemurkaan Allah ada pada kemurkaan kedua orang tua”
(HR. Tirmidzi, Ibnu Hibban, Hakim)

Di sesi kedua, Dr. Taufan Bramantoro, drg., M.Kes. beliau menyampaikan bagaimana cara mahasiswa menganalisa, dan menggali potensi dakwah dari problematika yang ada di masyarakat, serta mengajak mahasiswa untuk praktik sederhana dengan memberikan kasus yang ada, beliau mengajarkan mencari solusi menyesuaikan dengan target dakwah yang ada.

Sesi ketiga, diadakan diskusi antara dua pemateri dan peserta mahasiswa, diskusi dilaksanakan dengan cara sistem problem solving dari pertanyaan dan kasus yang disampaikan oleh peserta seminar. Dilanjutkan dengan pengisian formulir self assessment oleh peserta mahasiswa.

Seminar ditutup oleh perwakilan P3M & Dakwah STDI Imam Syafi’I Jember, Ustadz Dr. Irfan Yuhadi, M.S.I. Ucapan syukur dan terima kasih beliau sampaikan untuk kedua pemateri atas ketersediaannya dalam berbagi ilmu, harapannya dengan diselenggarakan seminar ini dapat meningkatkan semangat mahasiswa dalam berkarya dalam bidang ilmiah, dan dapat memberikan andil besar dalam dakwah islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *