Ini Pesan Kanit Intelkam Polsek Sumbersari Kepada Mahasiswa Baru STDIIS Jember

Jember – (stdiis.ac.id) Panitia Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) STDIIS Jember hari ini bersinergi dengan pihak kepolisian Sektor Sumbersari, Jember untuk memberikan sosialisasi dan pemahaman terkait tugas dan fungsi pokok kepolisian, serta bahaya narkoba.

Salah seorang pemateri yang sempat kami temui pasca menyampaikan materi di hadapan ratusan mahasiswa baru STDIIS Jember adalah AKP Sapuan, Kanit Intelkam di Polsek Sumbersari Jember. “Kita di STDI yaitu mengenalkan tugas – tugas pokok kepolisian, kemudian tentang bahaya narkoba.” Katanya (Rabu, 7 Agustus 2019 / 6 Dzulhijjah 1440 H).

AKP Sapuan saat menyampaikan materi di hadapan mahasiswa baru

Keberadaan aparat – aparat penegak hukum dan keamanan seperti POLRI dan TNI yang berfungsi sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat ini juga harus disadari oleh mahasiswa. Dia berharap pihaknya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan selama proses belajar mengajar. “Kita harapkan untuk bisa aman, nyaman, sehingga adek – adek belajar dengan tenang dan mudah untuk menerima ilmu yang di dapat di sini.” Pungkasnya.

Ratusan mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia ini begitu antusias dan bersemangat mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh para pemateri. Diantara pertanyaan mereka adalah seputar kepengurusan SKCK bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota Jember.

Juga ada seorang mahasiswa yang menanyakan tentang bahaya dan jenis-jenis narkoba, dengan harapan mereka dapat mengidentifikasi dan menjauhi barang haram tersebut. “Sehingga dia akan lebih waspada, jadi tidak mencoba-coba, karena sekali mencoba, (narkoba itu) akan ketergantungan.” Tegasnya.

Polri dan TNI perlu masuk ke dalam perguruan – perguruan tinggi untuk meberikan motivasi kepada generasi penerus, karena kelak mereka lah yang akan memimpin negeri ini. “Estafet kepemimpinan ini ada di mereka, mereka harus tau ke mana arahnya. Kita harus secara tegas bahwa (sesuai UUD ‘45 dan Pancasila) NKRI harus kita tanamkan pada mereka.” Jelasnya.


Yusnizar Sufi Ramadhan, S.S.

Humas P3M STDIIS Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *