Prodi Ilmu Hadis STDIIS Jember Gelar Seminar Metodologi Penelitian dan Bedah Proposal

Jember (stdi.ac.id) – Program Studi Ilmu Hadis bekerja sama dengan Forum Kajian Ilmu Hadis (FOKUS) STDIIS Jember hari ini, 13 Oktober 2019, menyelenggarakan Seminar Metodologi Penelitian dan Bedah Proposal di lantai 1 Masjid Ar-Rahmah. Seminar yang dikhususkan bagi mahasisawa Program Studi Ilmu Hadits STDIIS Jember ini menghadirkan 2 pemateri, yakni Dr. Irfan Yuhadi, M.S.I. dan Noor Ikhsan Silviantoro Lc. M.Th.I.

Seminar ini merupakan bekal utama bagi mahasiwa sebelum melakukan sebuah penelitian. Di sesi pertama, panitia memfokuskan pada materi tentang metodologi penelitian yang disampaikan oleh ustadz Dr. Irfan. “Saya berusaha untuk membawakan bagaimana sih approach (pendekatan) dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif di ranah Prodi Ilmu Hadis, itu inti materi yang kita bawakan”. Ungkap Dr. Irfan yang sempat kami temui pasca menyampaikan materi. (Ahad, 14 Safar 1441 H.)

Dosen yang telah 3 kali terlibat dalam seminar metodologi penelitian ini menyampaikan jika penyajian dari seminar ini adalah bersifat umum atau global, berbeda dengan pembelajaran di kelas yang tentunya lebih intensif dengan intensitas pertemuan sebanyak 14 kali.

“Adapun karena ini seminar, terbagi dalam dua sesi, ana dapat 1,5 jam plus tanya jawabnnya, maka sifat seminar ini adalah secara umum/global, kemudian meringkas, seperti itu. Jadi masih perlu pendalaman lebih lanjut sebenarnya, tapi minimal tergambar di benak para mahasiswa yang akan menyelesaikan skripsi khususnya, langkah – langkah yang harus mereka tempuh dalam menyelesaikan skripsi, judul apa yang perlu diangkat, itu mereka sudah ada gambaran.” Kata dosen yang telah menelurkan ratusan karyanya di https://albayyinatulilmiyyah.wordpress.com/ ini.

Di sesi penutup, ustadz Dr. Irfan menyampaikan kalimat – kalimat motivatif di hadapan ratusan peserta seminar :

Dalam dunia akademik, penelitian merupakan sebuah KENISCAYAAN...
Betapa banyak seorang tidak melakukan penelitian, karena belum menemukan judul yang relevan dan tidak tahu metodologi PENELITIAN...
Carilah judul penelitian yang mampu untuk dilakukan serta bermanfaat untuk umat dan MASA DEPAN...
Segera tulis, tuangkan dan kerjakan penelitian sesuai arahan yang baru saja DISAMPAIKAN...
Semoga penelitian kita segera terselesaikan dan gelar sarjana dapat segera kita SANDANG...

Setelah dibaca dengan lantang oleh sang pemateri, kalimat akhir sontak membuat peserta seminar beradu gelak tawa.

Foto: Ustadz Dr. Irfan Yuhadi, M.S.I. Menerima piagam penghargaan dari Ketua Prodi Ilmu Hadis STDIIS Jemberm Ustadz Nur Kholis Lc., M.Th.I.

Di sesi kedua, pemaparan materi berfokus pada bedah proposal yang disampaikan oleh ustadz Noor Ikhsan Silviantoro, M.Th.I., menurutnya tujuan dari penelitian adalah untuk mengembangkan diri. Mahasiswa dituntut tidak hanya merujuk pada buku panduan penulisan skripsi dari kampus saja, melainkan merujuk pada sumber – sumber lain yang kredibel guna mengembangkan nilai dan pengetahuan diri.

“Penelitian yang bagus adalah yang fokus, mendalam dan padat.” Ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan jika salah satu sifat penelitian yang baik adalah yang menunjukkan objek yang jelas dan membatasi ruang lingkup penelitian.

Foto: Ustadz Noor Ikhsan Silviantoro, Lc., M.Th.I

Sebagai pengajar, besar harapan bagi seorang dosen untuk menghasilkan lulusan – lulusan yang kompeten. Tujuan dari pendidikan strata satu (S1) adalah melatih mahasiswa untuk berfikir secara terstruktur dan mempunyai kemampuan menganalisa. “Agar mahasiswa tidak bermudahan dalam mengatakan pokok’e (katanya)”. Tegasnya.


Yusnizar Sufi Ramadhan, S.S.

Humas P3M STDIIS Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *