Pelepasan Ratusan Mahasiswa KKN STDIIS Jember 2019 di Jember, Bondowoso dan Donggala

Jember (stdiis.ac.id) – Sebanyak 127 mahasiswa dan mahasiswi STDIIS Jember siap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berlangsung mulai tanggal 22 Juli 2019 sampai 22 Agustus 2019 di Jember, Bondowoso dan Donggala. Kegiatan ini secara resmi dilepas oleh Ketua STDIIS Jember, Dr. Muhammad Arifin, M.A. pada tanggal 18 Juli 2019 di Majid Ar-Rahmah STDIIS Jember.

Dihadapan mahasiswanya, beliau mengamanahkan untuk mengamalkan ilmu yang mereka dapatkan selama mengeyam pendidikan di kampus. “Siapapun orang yang hafal, bahkan hafalannya itu “ngelontok” kata orang, tapi ketika tidak diamalkan, maka ilmu itu akan pelan tapi pasti akan hilang”. Pungkasnya. (18/07/2019).

Foto: Ustadz Dr. Muhammad Arifin, M.A. saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa STDIIS Jember

Lebih lanjut beliau mengamanatkan agar mahasiswanya menjauhi sikap defensif, tertutup, overprotektif kepada diri sendiri dan merasa eksklusif. “Akhirnya dia tidak berguna, kecuali untuk dirinya sendiri.” Tegasnya.

Selama proses KKN, mahasiswa akan berinteraksi dan bersosialisi dengan masyarakat luas dengan berbagai dinamika dan latar belakang. Mahasiswa akan dihadapkan pada suatu peradaban antara ilmu, perilaku ataupun akhlak, kematangan dan juga kedewasaan sikap. Oleh karenanya, Mahasiswa dituntut untuk membawa kebaikan di manapun ia ditempatkan. “Kalau Antum gagal mewarnai, maka antum akan diwarnai. Kalau Antum tidak bisa memberikan pengaruh positif, maka Antum akan diberi pengaruh negatif.“ Ungkapnya.

Foto: Mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan STDIIS Jember beserta perangkat Desa Tanjung Rejo, Wuluhan, Jember

Upacara pembukaan berjalan dengan khidmat dan lancar di lokasi-lokasi KKN STDIIS Jember yang berada di 3 kota, yakni Jember, Bondowoso dan Donggala. Mahasiswa dan Dosen Pembimbing lapangan STDIIS Jember mendapatkan sambutan hangat dari kepala kecamatan dan desa maupun instansi beserta para staf di masing-masing wilayah.  

Program kerja mereka di antaranya adalah dakwah sosial, gotong – royong desa, pembinaan remaja, belajar membaca AL-Qur’an dan tajwid, penyaluran hewan kurban, kegiatan taklim dan pengajian. Untuk berpartisipasi dalam program donasi KKN STDIIS Jember dan Informasi update kegiatan mereka, Anda dapat follow akun Instagram @kknstdiis_official. Jazakumullahu khoiran wa Baarakallahu fiikum.


Yusnizar Sufi Ramadhan, S.S.

Humas P3M STDIIS Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *