Wisuda Sarjana Ke 5 STDI Imam Syafi’i

STDI Imam Syafi’i telah menyelenggarakan wisuda ke V pada Hari Senin Tanggal 4 Maret 2019. Sebanyak 43 calon wisudawan telah sah dikukuhkan oleh Ketua Senat sekaligus Ketua STDI Imam Syafi’i Dr. Muhamad Arifin, MA., menjadi sarjana. Para wisudawan berhak menyandang gelar S.H untuk Program Studi Ahwal Syakhsiyyah dan S.Ag untuk Program Studi Ilmu Hadits.

Acara dimulai tepat pukul 8.00 dengan ditandai masuknya para wisudawan ke ruang wisuda dengan diiringi kibaran bendera merah putih dan bendera STDI Imam Syafi’i. Disusul dengan masuknya Senat STDI Imam Syafi’i yang dilanjutkan lagu kebangsaan dan lantunan tilawah ayat suci Al Qur’an sebelum sidang senat dibuka.

Setelah pengukuhan sarjana, Ketua STDI Imam Syafi’i menyampaikan pidato wisudanya. Beliau memberikan pesan sekaligus semangat kepada wisudawan yang telah terjun ke masyarakat. Sebagai generasi penerus bangsa, para wisudawan diharapkan tetap semangat terhadap ujian dan tantangan yang dihadapi untuk berkontribusi bagi agama, bangsa, dan negara.

Wisuda kali ini terdapat tiga wisudawan terbaik dan lima wisudawan teladan di lima nominasi, yaitu: wisudawan teladan dakwah, wisudawan teladan Bahasa Arab, wisudawan teladan aktivis kampus, wisudawan teladan ulet dan berkarakter, dan wisudawan teladan pelopor.

Adapun tiga wisudawan terbaik diborong semua oleh Prodi Ilmu Hadits yang sebelumnya mengantongi kategori wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 5 wisudawan (tiga wisudawannya menjadi wisudawan terbaik). Terbaik pertama Zulkifli dengan raihan IPK 3,92 disusul terbaik kedua Muhammad Kurnaini dengan raihan IPK 3,92 dan terbaik ketiga Muhammad Idris dengan raihan IPK 3,86.

Lima nominasi wisudawan teladan merupakan hal yang baru di acara wisuda ke V ini. Pertama wisudawan teladan dakwah diterima oleh Abdul Gani Majidi dari Prodi Ilmu Hadits. Kedua wisudawan teladan Bahasa Arab diterima oleh Muhammad Torikul Huda dari Prodi Ilmu Hadits. Ketiga wisudawan teladan aktivis kampus diterima oleh Dzulqo’dah dan Muhammad Ali Mahmud dari Prodi Ahwal Syakhshiyyah. Keempat wisudawan teladan ulet dan berkarakter diterima oleh Syafrudin Mutholib dari Prodi Ahwal Syakhshiyyah. Kelima wisudawan teladan pelopor diterima oleh Syailendra Sabdo Djati PS dari Prodi Ahwal Syakhshiyyah.

Wisudawan Teladan Pelopor diberikan kepada saudara Syailendra yang berhasil lulus ujian masuk Program Pasca Sarjana di LIPIA Jakarta yang merupakan cabang dari Universitas Muhammad bin Saud KSA. Sekaligus menjadi alumni kampus Indonesia pertama yang diterima di Program Magister LIPIA Jakarta. Ini menandakan bahwa lulusan STDI Imam Syafi’i mampu untuk meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya baik itu Universitas dalam maupun luar negeri.

Wisuda ke V STDI Imam Syafi’i mengukuhkan 23 wisudawan yang berasal dari Program Studi Ahwal Syakhsiyyah dan 20 wisudawan berasal dari Program Studi Ilmu Hadits. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia, dari Pulau Sumatera, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Jawa.

Semoga Allah memberkahi para wisudawan dimanapun berada dan menjadikan ilmu mereka bermanfaat bagi umat Muhammad Shallahu ‘alaihi wa sallam.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *