Pembangunan Hunian Sementara (Huntara) untuk Korban Bencana Palu

Segala puji hanyalah milik Allah azza wa jalla, Rabb semesta alam, atas limpahan nikmat dan rahmat-Nya kepada kita semua. Shalawat dan salam marilah senantiasa kita ucapkan untuk nabi dan suri tauladan kita, nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam dan juga untuk para keluarganya, para sahabatnya dan orang-orang yang senantiasa berpegang teguh dengan sunnah-sunnah beliau hingga akhir zaman.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, Allah azza wa jalla dengan Ilmu dan Hikmah-Nya memberikan ujian untuk saudara-saudara kita yang ada di Palu dan sekitarnya berupa bencana gempa bumi dan Tsunami -semoga Allah senantiasa menjaga mereka dan mengganti musibah mereka dengan pahala yang besar-. Oleh karena itu, kami P3M STDI Imam Syafi’i Jember   menggalang donasi bantuan berupa uang yang bisa meringankan beban dan mengikis kesedihan mereka.

Penggalangan donasi yang telah dimulai sejak awal september hingga saat ini telah terkumpul dana sejumlah Rp. 726.721.000. Dan dari dana tersebut, STDI Imam Syafi’i bekerja sama dengan RODJA Peduli akan menyalurkan untuk para korban bencana khususnya di daerah Lero Tatari, Kabupaten Donggala berupa Hunian Sementara (Huntara) sejumlah 14 unit yang masing-masing unit bisa menampung 4 KK dan nantinya akan menjadi Kampung Binaan STDI Imam Syafi’i Jember. Dan bantuan lain berupa bantuan logistik untuk para korban bencana yang ada di beberapa lokasi. dan jumlah dana yang dikeluarkan untuk penyaluran donasi I ini adalah sejumlah Rp 600.000.000.

Berikut ini adalah desain Huntara yang akan dibangun di desa Lero Tatari, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Untuk penyaluran bantuan tersebut, STDI Imam Syafi’i telah mengutus relawan sejumlah 6 orang yang terdiri 3 orang dosen, 1 orang mahasiswa, 2 orang dari masyarakat Jember. Untuk 2 orang dari masyarakat Jember yang bertugas untuk memimpin proyek pembangunan Huntara tersebut telah diberangkatkan pada  hari kamis 30 Shafar 1440 / 8 November 2018. Adapun relawan dari kalangan dosen dan mahasiswa tersebut in syaa Allah akan berangkat hari Jumat 8 Rabi’ul Awwal 1440 / 16 November 1440. Dan rencananya juga akan diadakan Tabligh Akbar untuk para korban di sana yang akan disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Hasan, M.A di kampung binaan STDI dan beberapa lokasi yang lain.

Demikianlah laporan sementara dari kami, semoga Allah ‘azza wa jalla membalas kebaikan para donatur dengan kebaikan dan pahala yang lebih banyak dan semoga Allah memberikan keberkahan pada harta mereka.

Jazaakumullahu khoiron wa baarakallahu fiikum. amin


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *