Tentang STDIIS

STDIIS


STDI Imam Syafi’i (STDIIS) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi Islam yang berdiri pada tahun 2010 di Jember, Jawa Timur. Pendirian STDIIS diprakarsai oleh beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh studi di Universitas Islam Madinah, baik S3, S2, maupun S1 serta sejumlah da’i Ahlu Sunnah di Indonesia. Saat ini STDIIS membuka 3 program studi (prodi) S1 yaitu prodi Tafsir, Hadits, dan Ahwal Syakhshiyah serta program I’dad Lughowi (persiapan bahasa Arab) 1 tahun. Seluruh perkuliahan diniyah (materi-materi keagamaan) disampaikan dengan bahasa Arab. Perkuliahan menggunakan sistem SKS yang terdiri 144 – 160 SKS sesuai kurikulum masing-masing prodi.

 

Visi & Misi :


Visi 

Menjadi perguruan tinggi terkemuka dalam melahirkan intelektual muslim Ahlussunnah yang professional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang unggul dalam bidang Studi Islam dengan menitikberatkan pada metode berfikir secara kritis dan ilmiah sesuai Al-Qur’an dan Sunnah serta pemahaman para sahabat.
  2. Melakukan penelitian dan pengkajian tentang keilmuan Islam yang tengah berkembang di masyarakat dalam skala regional, nasional dan internasional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan hasil pendidikan, pengajaran dan penelitian terhadap nilai-nilai Islam.
  4. Menyediakan dan meningkatkan kwalitas dan kwantitas sumber daya manusia yang dapat mendukung proses pendidikan secara maksimal.
  5. Menyediakan dan meningkatkan kwalitas dan kwantitas sarana prasarana yang dapat menunjang proses pendidikan secara maksimal.
  6. Menyediakan bahan bacaan yang representatif dan berbagai sarana prasarana lain yang dapat menunjang proses penelitian dan pengkajian tentang Ilmu-ilmu Islam.

Tujuan


  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menghasilkan Sarjana Agama berkualitas yang memiliki pengetahuan dan kepekaan dalam memahami realitas kehidupan dan mampu berdakwah dalam masyarakat.
  2. Menghasilkan Sarjana Agama yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami gejala-gejala sosial dan keagamaan dalam masyarakat melalui kegiatan penelitian lapangan (fieldwork).
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan akademik dalam rangka mendalami dan mengembangkan konsep-konsep dan hukum-hukum Islam serta menyampaikannya (dakwah) kepada ummat.

2 thoughts on “Tentang STDIIS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *