YA ALLAH, BANGUNKANLAH UNTUKKU SEBUAH RUMAH DI SURGA

ajib

Wahai saudaraku, tahukah anda amalan-amalan yang dahsyat, ringan dikerjakan, namun balasan yang akan anda dapatkan di akhirat sangat besar, yaitu Allah Ta’ala akan membangunkan sebuah rumah di surga, tentu rumah tersebut hanya disediakan bagi orang-orang yang shaleh, yang semangat beribadah dimasa hidupnya. Kita tidak mungkin bisa membayangkan rumah-rumah yang ada di surga nanti, betapa indah dan megahnya di sana, tidakkah anda menginginkan hal tersebut?

Bagi orang-orang yang beriman tentu akan berupaya keras dan bersungguh-sungguh dalam beribadah sebagai bekal untuk kehidupan yang abadi di akhirat.

Nabi kita telah menerangkan beberapa amalan yang apabila seorang hamba mengerjakannya, maka Allah Ta’ala akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.

Diantara amalan-amalan tersebut adalah:

  1. Rutin mengerjakan sholat sunnah rawatib yang mengiringi shalat fardhu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Tidaklah seorang muslim mendirikan sholat sunnah ikhlas karena Allah sebanyak 12 raka’at selain sholat fardhu, melainkan Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di surga.” (Shohih HR. Muslim: 1729).

yang dimaksudkan 12 raka’at pada hadis di atas adalah 4 raka’at sebelum dzuhur, 2 raka’at setelah dzuhur, 2 raka’at setelah maghrib, 2 raka’at setelah isya’ dan 2 raka’at sebelum subuh. Hal ini sesuai dalam penjelasan hadits shohih riwayat Tirmidzi (no. 415)

  1. Mengisi dan merapatkan shaf – shaf yang kosong dalam sholat berjamaah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang mengisi sof-shaf yang kosong, maka Allah akan membangunkanya untuknya sebuah rumah di surga dan mengangkat derajatnya.” (As-Shohihah: 1892)

  1. Rutin mengerjakan sholat dhuha 4 raka’at

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: ”Barangsiapa mengerjakan shalat dhuha 4 raka’at, maka Allah akan membangunkanya baginya sebuah rumah di surga.” (Shohihul Jami’ lil Albani: 6340)

  1. Senantiasa berdo’a agar dibangunkan sebuah rumah di surga, hal ini sebagaimana yang terdapat dalam sebuah hadis bahwasanya Asiyah binti Muzahim tatkala beriman mengikuti agama Nabi Musa ‘alaihis salam, lalu dia disiksa oleh suaminya sendiri yang bernama Fir’aun dengan siksaan yang sangat berat, dalam posisi terikat dibawah terik matahari hingga ia meninggal dunia, disaat penyiksaan, Asiyah sering memanjatkan do’a: “wahai Tuhanku, bangunkanlah untukku sebuah rumah yang ada di surga … “ (QS. At-Tahrim: 66) lalu Allah Ta’ala pun mengalbulkan do’anya.
  2. Berinfaq untuk pembangunan masjid

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Barangsiapa yang membangun masjid dengan mengharap ridho Allah, maka Allah akan membangunkan untuknya sebuah rumah di surga.”

Semoga Allah membimbing kita untuk senantiasa menunjukan jalan yang lurus, baik dalam aqidah, mu’amalah dan akhlak yang sesuai dengan Al-Quran dan As-Sunnah yang berdasarkan manhaj salafus sholih.

Sumber: ibni laka baitan fil jannah oleh: Abu Anas Madjid Islam Al-Binkani

Oleh : Lilik Ibadurrahman

Mahasiswa Fakultas Hadis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *