SURGA DAN NERAKA TELAH DICIPTAKAN

surga dan neraka

Wahai saudaraku, ingatkah kita tentang penciptaan surga dan neraka, jika kita hayati dan kita pelajari secara seksama di dalam Al-Qur’an, ternyata surga dan neraka telah diciptakan sejak dulu, semenjak Allah menciptakan Nabi Adam ‘alaihis salam, kemudian Hawa, lalu keduanya dimasukkan ke dalam surga, namun karena godaan iblis, akhirnya Adam dan Hawa dikeluarkan dari surga dan di turunkan ke bumi. Begitupula isra’ dan mi’raj yang dilalui Rasulullah ketika naik ke langit dan diperlihatkan surga dan neraka sudah pasti akan menambah keyakinan kita akan adanya surga dan neraka.

Mari kita lihat dalil-dalil yang menerangkan tentang telah diciptakannya surga, di antaranya:

  1. Rasulullah sendiri meyakinkan kepada para sahabat ketika terjadinya gerhana matahari, beliau melihat surga dan neraka. Hal tersebut ketika Rasulullah sedang berkhutbah setelah shalat gerhana, Rasulullah bersabda: “Telah diperlihatkan surga kepadaku dan juga diperlihatkan neraka yang belum pernah aku lihat lebih mengerikan dari pada hari ini.” (HR. Bukhori no. 1052)
  2. Arwah yang hidup di alam kubur diberi kemampuan untuk melihat surga dan neraka. Rasulullah bersabda: “sesungguhnya salah seorang dari kalian apabila telah meninggal, akan ditampakan kepadanya surga dan neraka baik di waktu pagi dan petang.” (HR. Bukhori no. 1379)
  3. Para bidadari di surga menanti-nanti suaminya yang (suami) tersebut masih hidup di dunia. Rasulullah bersabda: “Tidaklah seorang laki-laki muslim lalu dicela/dihina oleh istrinya (yang hidup bersama di dunia) melainkan bidadari-bidadari di surga akan tersinggung seraya berkata: wahai sang istri jangan mencela suamimu, semoga Allah membinasakanmu, tidaklah laki-laki itu berada di sisimu kecuali hanya sebentar, sebentar lagi dia akan bertemu dengan kami (di surga).” (HR Tirmidzi no. 1174, shohih)
  4. Malaikat Jibril pernah diperintahkan oleh Allah Ta’ala untuk menengok ke surga dan neraka setelah keduanya tampak Rasulullah bersabda yang artinya: “Tatkala Allah telah selesai menciptakan surga dan neraka, lalu Allah memerintah Jibril untuk melihat surga dan apa yang ada di dalamnya, Allah juga memerintah Jibril untuk melihat neraka dan apa yang ada di dalamnya”. (HR Abu Dawud no. 4746, shohih)
  5. Malaikat Mikail tidak pernah tertawa lagi sejak Allah Ta’ala menciptakan neraka. Rasulullah bertanya kepada Jibril: “(Wahai Jibril) aku tidak pernah melihat Mikail tertawa sedikitpun. Maka Jibril menjawab: Mikail tidak pernah tertawa lagi sejak diciptakan neraka.” (As-Shohihah no. 2511)
  6. Turunnya hajar aswad ke bumi (ka’bah), yang mana batu itu adalah salah satu batu permata di surga Rasulullah bersabda yang artinya: “Hajar aswad berasal dari surga dulunya batu tersebut berwarna putih, yang lebih putih daripada susu, namun karena dosa-dosa bani Adam lah yang akhirnya berubah menjadi hitam:” (HR Tirmidzi no. 877, Shohih)

Oleh : Lilik Ibadurrahman

Mahasiswa Fakultas Hadis


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *