SINGGASANA IBLIS DI ATAS AIR

AEFA

Wahai saudaraku, semoga Allah melindungi kita dari godaan syetan yang tidak henti-hentinya menyesatkan manusia dan mengajak manusia untuk masuk neraka. Allah Ta’ala berfirman yang artinya: “Sesungguhnya syetan mengajak manusia untuk masuk ke neraka”. (QS. Fathir: 6). Rasulullah bersabda yang artinya: “Sesungguhnya Iblis meletakan singgasananya di atas air, lalu ia mengutus bala tentaranya di sana untuk menyebarkan fitnah kesesatan kepada dunia”. (As-Shohihah: 3261)

Lalu apa saja upaya iblis mengutus bala tentaranya di singgasananya yang berada di atas air laut tersebut, perhatikan lagi hadis berikut ini. Rasulullah bersabda yang artinya: “Setiap di pagi hari Iblis mengutus para pasukannya seraya berkata: (wahai tentaraku) barangsiapa yang mampu menyesatkan orang muslim di hari ini, maka kalian akan kuberi hadiah mahkota, lalu menyebarlah tentara tersebut dan berusaha menyesatkan manusia, tatkala mereka berhasil, mereka datang melaporkan hasilnya masing-masing. Pasukan pertama melapor: saya berhasil menggoda manusia untuk berbuat durhaka, maka Iblis menjawab: kamu belum berhasil, sebentar lagi manusia itu akan berbuat baik kepada orang tuanya, kemudian pasukan kedua melapor: saya berhasi menggoda manusia supaya menceraikan istrinya (karena bertengkar), maka Iblis menjawab: kamu belum berhasil, karena sebentar lagi manusia itu akan menikah lagi, kemudian pasukan ketiga melapor: saya berhasil menggoda manusia untuk berbuat kesyirikan, maka Iblis menjawab: ya, kamu berhasil, kemudian tentara ke empat melapor: saya berhasil menggoda manusia untuk saling membunuh sesama muslim, maka Iblis menjawab: ya, kamu berhasil,(dalam riwayat Ibnu Abi Syaibah disebutkan), kemudian pasukan yang kelima melapor: saya berhasil menggoda manusia sampai meminum khamr (minuman keras), maka Iblis menjawab: ya, kamu berhasil, kemudian pasukan ke enam melapor: saya berhasil menggoda manusia supaya berbuat zina, maka Iblis menjawab: ya, kamu berhasil, setelah itu Iblis membagi hadiah mahkotanya kepada para tentaranya yang berhasil”. (HR Ibnu Hibban 6189, shohih)

Wahai saudaraku, syetan begitu dasyat dalam memusuhi manusia, lalu apa saja yang harus kita lakukan untuk mengalahkan upaya jahat yang dilakukan oleh syetan:

  1. Senantiasa ikhlas di dalam beribadah kepada Allah.

Allah Ta’ala berfirman yang artinya: ”Iblis pernah berkata: wahai Tuhanku aku akan menyesatkan seluruh manusia kecuali hambu-Mu yang ikhlas dalam beribadah kepada-Mu.” (QS. Shad: 82-83)

  1. Berusaha meninggalkan dosa dan maksiat.

Allah Ta’ala berfirman: ”Sesungguhnya syetan mengajak manusia untuk berbuat keji dan munkar.” (QS. An-Nur: 21)

  1. Banyak berdzikir kepada Allah dengan dzikir-dzikir yang bersumber dari Al-Qur’an dan hadis shohih (bukan dzikir buatan sendiri). Rasulullah bersabda: “Seorang hamba tidak akan dapat melepaskan godaan dari syetan kecuali hamba yang senantiasa berdzikir kepada Allah.” (HR. Tirmidzi: 2863, shohih)
  2. Senantiasa berdo’a dan memohon perlindungan kepada Allah.

Rasulullah bersabda: “Berlindunglah kepada Allah dari upaya-upaya jahat yang dilakukan oleh syetan.” (As-Shohihah: 2422) [Lilik Ibadurrahman]


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *