KARAKTERISTIK PENGHUNI SURGA

SURGA DUNIA 1

Surga adalah kenikmatan yang amat sangat mahal,yang didamba-dambakankan oleh setiap kaum muslimin sepanjang zaman. Surga menjadi penggerak jiwa para salafush sholeh untuk mencontohkan kepahlawanan dalam berjihad di jalan allah azza wa jalla dan pengorbanan untuk mengibarkan tegaknya bendera tauhid dibawah naungan Qur-an dan As-sunnah. Sesunnguhnya menjadi penghuni surga itu cita-cita seorang muslim. Memasukinya dan hidup didalamnya adalah sebuah harapan yang selalu dipikirkan sepanjang hayatnya.Akan tetapi untuk mencapai cita-cita tersebut,berbagai macam rintangan yang harus dilalui.

Allah azza wa jalla berfirman, yang artinya :“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu didalam taman-taman dan sungai-sungai di tempat yang disenangi disisi Rabb Yang Maha Berkuasa. (Q.S Al Qomar: 54)

Rasulullah shalallahu `alaihi wasallam mengabarkan tentang amalan yang bisa mengantarkan pelakunya untuk memasuki surga, beliau bersabda yang artiya; Siapa yang beriman kepada Allah azza wa jalla dan Rosul-Nya, melaksanakan sholat ,dan berpuasa romadhon maka wajib bagi allah untuk memasukannya kedalam surga. (HR.Bukhori).

Maka seharusnya seorang muslim itu melaksanakan kewajibannya sebagai muslim, dan menjauhkan segala yang bisa membahayakannya di dunia dan di akhirat ,serta berdoa kepada Allah untuk dijauhkan dari neraka dan dimasukan ke dalam surga.sesungguhnya itu adalah kemenangan yang besar. Mohonlah kepada Allah agar dimasukan kedalam Surga Firdaus yang derajatnya paling tinggi.

Rasulullah bersabda yang artinya:” Sesunnguhnya didalam surga itu ada seratus tingkatan yang telah disediakan oleh Allah bagi para mujahidin fii sabilillah(para pejuang Allah azza wajalla).Setiap dua tingkatan seperti jarak antara langit dan bumi.maka jika kalian memohon kepada Allah,maka mohonlah surga firdaus yang tinggi.karena surga firdaus itu adalah surga pilihan dan surga paling atas derajatnya.Dan diatasnya terdapat Arsy Ar-Rahman, dari sana sungai-sungai surga mengalir.(HR.Bukhori,no.7423),dan juga dalam shahiihul jaami (no.7873).

Dan bersegeralah menuju kepada ampunan Allah serta surga yang luasnya seluas langit dan bumi.Dengan melakukan amalan ketaatan serta diiringi dengan hati yang ikhlas dan mengikuti dan meneladani petunjuk Rasulullah,serta menjauhkan dan menghindari kesyirikan, amalan yang tidak ada dasarnya dari syariat islam(bid`ah),dan maksiat kepada allah.

Allah ta’ala berfirman yang artinya:” Berlomba-lombalah kamu untuk mendapatkan ampunan dari Rabb kalian dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-oranag yang beriman kepada allah dan rasul-Nya.(QS.Hadid 21) .

Setiap umat nabi Muhammad itu akan memasuki surga bagi yang ingin untuk memasukinya. Rasulullah shalallahu `alaihi wasallam bersabda yang artinya: “Setiap umatku akan masuk surga kecuali yang enggan? Para sahabat bertanya:Wahai rasulullah siapakah yang enggan tersebut?Beliau berkata:” barang siapa yang taat kepadaku niscaya dia akan masuk surga dan barang siapa yang durhaka kepadaku berarti dia enggan untuk masuk surga”.(HR.Bukhari). Semoga Allah memasukkan kita kedalam surga-NYa dan menjauhkan kita dari neraka..”Allohumma inna nas alukal jannah wa na`udzubika `minan naar”.. Wallahu ta’ala a’lam.

Oleh: Abu sa`id Muchlas

Maraji: (Al jannatu na’iimuha wa thariiqu ilaiha,oleh syaikh ali hasan ali al-halabi al-atsari).


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *