JANGAN BIARKAN HATI ANDA DIGEROGOTI OLEH HASAD

hasad2

Hasad (dengki) merupakan penyakit hati yang berbahaya bagi manusia, karena penyakit ini menyerang si penderita dan meracuninya,membuat dia benci terhadap kenikmatan yang diperoleh saudaranya, dan merasa senang jika kenikmatan tersebut musnah dari tangan saudaranya.

Penyakit ini sering dijumpai diantara sesama teman sejawat, seprofesi, seperjuangan, atau sederajat. Oleh karena itu, tidak jarang dijumpai ada pegawai kantor yang hasad kepada teman sekantornya. Tukang bakso hasad kepada tukang bakso lainnya, guru hasad kepada guru,Ustadz atau Kyai hasad kepada yang sederajat dengannya. Jarang dijumpai hasad tersebut pada orang yang beda kedudukan dan derajatnya, seperti tukang bakso hasad kepada Kyai, atau tukang becak hasad kepada Ustadz, meskipun tidak menafikan kemungkinan terjadinya.

Malapetaka dan bahaya hasad

Orang yang hasad secara sadar atau tidak telah terjatuh dalam beberapa bencana,diantaranya:

1.Membenci takdir Allah azza wajalla,karena apabila dia benci terhadap apa yang Allah berikan terhadap orang lain maka pada hakekatnya dia telah membenci takdir tersebut.

2.Hasad merupakan sifat sebagian besar Yahudi dan Nasrani, sebagaimana firman Allah ‘Azza wa Jalla: “Ataukah mereka (orang Yahudi) dengki kepada manusia (Muhammad dan orang-orang Mukmin) lantaran karunia yang Allah telah berikan kepadanya?” (QS. An-Nisaa’: 54)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang orang Muslim dari sifat hasad tersebut, beliau bersabda: “Janganlah kalian memutuskan tali persaudaraan, saling berpaling ketika bertemu dan saling membenci serta saling dengki. Jadilah kalian bersaudara sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah.” (HR. Muslim, lihat Shahih Muslim juz 8 hal. 10)

Sebab-sebab Hasad

Sumber dari penyakit hasad adalah cinta dunia, baik cinta harta benda, kedudukan, jabatan, maupun pujian manusia.

Jika tujuan seseorang adalah akhirat, maka hatinya bersih dari hasad, tenang, jernih, seperti air yang memancar dari mata air pegunungan, lembut bagaikan sutera, tidak ada tempat bagi hasad di dalamnya. Akan tetapi, jika tujuannya adalah dunia, maka hati sangat rawan terjangkit hasad, mudah ternoda dan keruh.(Mukhtashar Minhajul Qashidin, hal.188-189).

Terapi agar selamat dari Hasad

Sebenarnya, penyakit hati yang satu ini tidaklah dapat diobati dengan pil atau kapsul dari Apotik atau dengan suntik, herbal, atau pijat urat, akan tetapi penyakit hati ini hanya dapat diobati dengan resep-resep sbb:

  1. ilmu.

Ilmu yang bermanfaat untuk mengobati hasad adalah pengetahuan tentang hakikat hasad itu sendiri. Diantaranya mengetahui bahwa hasad itu berbahaya bagi si penderita, baik bagi agamanya atau dunianya.

  1. amal perbuatan.

Amal perbuatan yang manjur untuk mengobati hasad adalah melakukan perbuatan yang berlawanan dengan perbuatan yang ditimbulkan oleh hasad.

3.Berfikir positif dan merenungi akibat jelek dari hasad tersebut

4.Terimalah takdir Allah dengan penuh lapang dada

5.Cintailah saudaramu karena Allah.

Inilah beberapa resep yang bisa kami paparkan pada pembahasan ini,sebenarnya masih banyak lagi.Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Wallohu a`lam.

Oleh: Dhika dan Asrol

Mahasiswa Fakultas Ahwal Syakhsiyyah

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *