ADA APA DI DALAM SUMUR BAHARUT?

dddf

Mengungkap sebuah misteri yang terdapat di muka bumi, pernakah anda melihat bermacam-macam air yang terdapat di muka bumi? Pasti akan menjawab ya, karena berbagai macam jenis air telah kita lihat dan kita rasakan, seperti air sumur, air hujan, air sungai, air danau, air laut, air embun dan air salju. Namun ada satu jenis air yang sangat misterius dengan warnanya yang gelap, berbau busuk, airnya kental seperti nanah dan tidak bisa dipakai untuk bersuci dan tidak bisa dipakai untuk kebutuhan manusia.

Air apa kira-kira wahai saudaraku? Jawabannya ada pada pembahasan berikut ini, berdasarkan fakta sejarah yang telah ditulis oleh para ulama-ulama terkemuka seperti Imam Nawawi dan selainnya, bahwa satu-satunya air yang sangat buruk yang tidak bisa digunakan untuk kebutuhan manusia yaitu air yang terdapat di sumur lembah Baharut, sumur tersebut sangat besar, bundar seperti lingkaran, dan sangat dalam, sehingga tidak seorang pun yang mampu menempuh sampai dasar kedalamannya.

Adapun sumur Baharut sendiri terletak di Hadramaut yang terletak di Negara Yaman, sebelah selatan Negara Arab Saudi. Kalau kita cermati secara lebh jauh, bahwasanya keberadaan sumur Baharut itu telah dibenarkan oleh Rasulullah yang jauh lebih dahulu dibandingkan dengan peneliti dari para ilmuwan setelahnya dikalangan para ulama terkemuka.

Dalam hadis shohih, Rasulullah bersabda yang artinya: “Seburuk-buruk air yang berada di permukaan bumi adalah air yang ada di sumur lembah Baharut yang terletak di Hadramaut, sumur tersebut seperti kaki belalang (yang menunjukan begitu dalamnya), setiap pagi air itu naik ke atas hingga ke permukaan, tapi di sore hari air itu surut kembali (ke bawah tanah).” (HR. Thabrani di Mu’jam Al-Kabir no. 11004, dinyatakan shohih oleh Al-Bani, Ibnu Hajar, dll)

Ali bin Abi Tholilb pernah berkata: “Seburuk-buruk air yang ada di muka bumi adalah air di lembah Baharut yang terletak di Hadramaut.” (HR. Abdur Razzaq no. 9119, shohih)

Beberapa hal yang berkaitan dengan air yang ada di sumur lembah Baharut:

  1. Airnya mengalami pasang-surut di dalam sumur tersebut, sebagaimana hadis di atas, sehingga berbeda dengan sumur yang lain yang tidak akan surut kecuali di musim kemarau.
  2. Sumurnya sangat besar namun kedalamannya tidak bisa diukur. Imam Nawawi mengatakan: “Sumur Baharut adalah sumur yang sangat dalam, tidak ada seorangpun yang mampu turun ke dasar sumur tersebut.”
  3. Airnya hitam kental seperti nanah dan berbau busuk yang sangat menyengat di hidung. Ibnu Hajar Al-Haitami menyebutkan: “bahwa air di sumur Baharut berwarna hitam seperti nanah jika dilihat di pagi hari, di dalamnya juga terlihat banyak hewan penyengat (seperti kalajengking, dll).”

Demikianlah sekilas tentang air yang ada di sumur lembah Baharut yang telah disabdakan oleh Rasulullah.

Oleh : Lilik Ibadurrahman

Alumni mahasiswa fakultas Ilmu Hadits


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *