Informasi Pemilu 2019 Bagi Mahasiswa Luar Daerah

Pemilihan umum tahun 2019 akan serentak dilaksanakan insyaallah pada tanggal 17 April mendatang.
Bagi mahasiswa STDI Imam Syafi’i yang berasal dari luar daerah Kabupaten Jember dapat menggunakan hak pilihnya dalam pemilu 2019 di Kabupaten Jember, dengan ketentuan sebagai berikut :

  1. Memiliki KTP Elektronik
  2. Telah terdaftar menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap). Keterangan tentang DPT ada dibagian bawah.
  3. Datang ke Kantor KPU Jember (Jl. Kalimantan 31 Jember) atau datang ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kantor kelurahan terdekat, untuk mengajukan pindah lokasi pencoblosan. Paling lambat tanggal 15 Februari 2019.

Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Daftar pemilih tetap adalah daftar para pemilih dalam pemilu yang telah ditetapkan oleh KPU. Cara mengetahui apakah seseorg telah terdaftar dalam DPT atau tidak adalah sebagai berikut :

  • Bertanya kepada petugas bagian teknis di Kantor KPU Jember (Jl. Kalimantan 31 Jember), atau kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kantor desa/kelurahan terdekat.
  • Mengecek nama dan nomor KTP melalui aplikasi bernama “KPU RI Pemilu 2019” yang bisa didownload di playstore. atau bisa dengan langsung mengunjungi halaman website berikut ini : https://lindungihakpilihmu.kpu.go.id/. Apabila nama dan nomor ktp yang dicari muncul dalam hasil pencarian, maka berarti yang bersangkutan telah terdaftar dalam DPT. Sehingga selanjutnya bisa langsung mengajukan pindah lokasi pencoblosan.

Namun apabila nama yang bersangkutan tidak muncul dalam hasil pencarian yaitu apabila pada hasil pencarian terdapat keterangan bahwa nama dan nomor KTP tidak tidak ditemukan, maka berarti dia belum terdaftar dalam DPT, sehingga yang bersangkutan perlu mendaftarkan data dirinya untuk ditetapkan dalam DPT melalui kantor KPU atau PPS di daerah asal masing-masing.

Surat Suara

Jumlah surat suara dalam pemilihan umum 2019 ini adalah 5 surat suara, yang terdiri dari :

  1. Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden
  2. Pemilihan DPR RI
  3. Pemilihan DPD RI
  4. Pemilihan DPRD Provinsi
  5. Pemilihan DPRD Kabupaten/Kota

Namun bagi pemilih yang berasal dari luar daerah, yang mengajukan pindah lokasi pencoblosan, maka yang bersangkutan tidak mendapatkan lengkap 5 surat suara. Jika pemilih berasal dari provinsi yang sama, maka dia akan mendapatkan 2 surat suara saja. Dan jika pemilih berasal dari luar provinsi, maka dia hanya akan mendapatkan 1 surat suara saja, yaitu pemilihan presiden dan wakil presiden


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *