Program Donasi Kegiatan Dakwah P3M STDI Imam Syafi’i Periode September 2016 – Agustus 2017

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Kaum muslimin yang dirahmati Allah. P3M STDI Imam Syafi’i adalah salah satu lembaga resmi di bawah Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i yang mengemban tugas dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Saat ini, di tahun akademik 2016/2017 ini, P3M STDI Imam syafi’i mempunyai beberapa program kerja yang diwujudkan dalam kegiatan di bidang dakwah. Salah satu kendala dalam pelaksanaan program kerja tersebut adalah dibutuhkannya biaya dan pendanaan yang tidak sedikit. Guna mensukseskannya, kami mengundang kepada masyarakat yang mempunyai keluasan dan kelebihan rizki untuk ikut mendanai kegiatan tersebut. Program-program yang membutuhkan dana tersebut, secara garis besar diuraikan dalam tabel berikut ini.

PROGRAM KERJA BIDANG DAKWAH

P3M STDI IMAM SYAFI’I

Periode September 2016 – Agustus 2017

No

Nama Kegiatan

Rincian Kegiatan

1. Guru Ngaji Gratis

Menerjunkan mahasiswa STDI Imam Syafii untuk menjadi pengajar TPA dan TPQ secara gratis. Sepeda motor, biaya transportasi, dan semua kebutuhan guru ditanggung oleh P3M STDI Imam Syafii.

Pengajar saat ini berjumlah 117 orang dan tersebar di 40 lokasi di wilayah Jember dan sekitarnya. Saat ini P3M STDI Imam Syafii belum bisa memberikan rewards kepada para pengajar terkendala oleh dana.

2. Ifthar Senin Kamis

Menyediakan ifthar gratis bagi kaum muslimin yang melaksanakan puasa Senin Kamis. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memotivasi umat Islam dalam menghidupkan puasa sunnah Senin Kamis dan memfasilitasi mereka untuk mendapatkan ifthaar.

Saat ini P3M menyediakan 150 porsi untuk ifthar Senin Kamis. Ifthar yang diberikan berupa snack, gorengan, makanan ringan dan minuman dingin.

3. Motor Dakwah

Program yang khusus mengkordinir kegiatan pembelian, perawatan dan pemakaian motor untuk kegiatan-kegiatan dakwah.

P3M memiliki 16 motor. Akan tetapi jumlah ini masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pengajar dan tempat dakwah yang dimiliki. Sementara ini sebagian pengajar terpaksa harus menyewa motor untuk berdakwah setiap harinya.

4. Dakwah Tengger

Kegiatan dakwah yang bertujuan untuk menyampaikan Islam ke daerah pegunungan dan pedalaman. Bentuk kegiatannya adalah mengirimkan dai setiap pekan untuk berdakwah, tepatnya di hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

Sangat disayangkan kegiatan ini terhenti akibat kekurangan motor dan P3M belum mempunyai motor khusus untuk track yang terjal dan mendaki.

5. Membaca Kitab Kuning

Program belajar untuk bapak-bapak yang ingin memiliki kemampuan membaca dan menterjemahkan kitab kuning (gundul).

Program sudah berjalan sejak awal Oktober 2016. Peserta dan pembimbing mendapatkan kitab kuning dan fasilitas belajar secara gratis. Kitab yang digunakan adalah Kifayatul Akhyar. Seluruh biaya ditanggung oleh P3M STDI Imam Syafii.

6. Bantuan Fasilitas Masjid

P3M STDI Imam Syafii bekerjasama dengan masjid-masjid di wilayah Jember. Tujuan dari program ini adalah memberikan bantuan fasilitas ibadah untuk masjid-masjid yang membutuhkan.

Diantara program yang sudah berjalan adalah pembagian mushaf Al-Quran, buku Iqra, sajadah dan perlengkapan penyelenggaraan jenazah. P3M STDI Imam Syafii masih terus melakukan pendataan masjid-masjid yang layak mendapatkan bantuan.

7. Madrasatul Quran

Sebuah halaqoh untuk menghafal dan mengulang hafalan Qur’an. Program ini dibuat khusus untuk tingkatan mahasiswa atau yang sederajat. Setiap peserta memiliki target hafalan dan kualitas hafalan akan diuji secara berkala.

Jumlah peserta saat ini adalah 99 orang dan jumlah halaqah adalah 11 halaqah. Tempat kegiatan ini di Masjid Ar-Rahmah STDI Imam Syafii.

8. Dakwah SMA

Bertujuan untuk mengenalkan Islam kepada siswa-siswi SMA disekitar Jember. Diantara program kerjanya adalah mengadakan temu akbar ketua rohis dan berbagai seminar keagamaan untuk siswa-siswi SMA.

Tim Dakwah Mahasiswa mengawali program ini dari SMA Al-Furqan Jember. Program yang sudah dimulai berkaitan dengan broadcasting dan metode ceramah.

9. Dakwah Kampus

Bekerja sama dengan Komunitas Mahasiswa Pecinta Ilmu (KMPI) dan beberapa LDK untuk menyelenggarakan kegiatan dakwah di wilayah kampus sekitaran Jember. Fokus program ini adalah untuk mengenalkan dakwah Islam kepada Mahasiswa.

Beberapa program yang sudah dimulai adalah kajian Islam dan kajian Nahwu – Sharaf di beberapa masjid sekitar UNEJ.

10. Madrasah Diniyyah

Kegiatan belajar agama Islam untuk siswa SD dan SMP. Madrasah Diniyah memiliki enam tingkatan kelas, yaitu dari kelas 1 sampai kelas 6 dan materi yang disajikan menyesuaikan tingkatan tersebut.

Program ini dimulai pada bulan Oktober 2016. Kegiatan belajar menggunakan ruang kelas SDIT Imam Syafii dan penerimaan murid pada tahap awal adalah 50 orang.

11. Rumah Quran

Program belajar membaca Al-Quran untuk anak-anak. Dikelola oleh Tim Dakwah Mahasiswa untuk membekali anak-anak dengan kemampuan membaca Al-Quran dengan baik dan benar.

Program ini dimulai pada bulan Oktober 2016. Kegiatan belajar menggunakan ruang kelas SDIT Imam Syafii dan penerimaan murid pada tahap awal adalah 100 orang.

12. Mualaf Center

Program khusus untuk para mualaf yang baru masuk Islam. Kajian-kajian keagamaan disesuaikan dengan keadaan mualaf. Bertahap mulai dari yang paling dasar dan paling penting.

Program baru berjalan pada Oktober 2016. Dilatarbelakangi oleh permintaan sebagian mualaf yang baru masuk Islam.

13. Bakti Sosial

Bidang yang menangani kegiatan-kegiatan sosial. Tebar jilbab, pengobatan gratis, dan sembako. Bakti sosial menjadi program rutin untuk mengenalkan dakwah kepada masyarakat serta sarana menjalin hubungan ukhwah yang lebih erat.

Rekening Donasi

Bank Muamalat 736-0000-119 an STDI Imam Syafii

Bank BCA 2000-356-444 an Muhamad Arifin.

Konfirmasi

Wahyudi, ST : 0857-4543-9883 / 0852-2827-6182

Informasi

Muhammad Abu Rivai : 0852-5858-1537


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *