Meriahnya OSPEK STDI Imam Syafi’i Jember 2014

Lebih dari 150 mahasiwa baru telah mengikuti OSPEK (Orientasi Studi Dan Pengenalan Kampus) STDI Imam Syafi’i Jember selama 5 hari. Bermula sejak tanggal 10 dan berakhir pada 14 Agustus 2014 di kompleks kampus STDI Imam Syafi’i. Para peserta disuguhi dengan rangkaian acara super padat yang wajib mereka ikuti. Dan inti dari acara OSPEK adalah pengenalan kampus dan lingkungannya, kurikulum yang digunakan, dan menyiapkan para mahasiswa baru untuk menghadapi kehidupan perkuliahan dan dunia kemahasiswaan.

Ada yang beda pada kegiatan OSPEK STDI Imam Syafi’I dibanding dengan OSPEK di kampus-kampus lainnya. OSPEK yang biasanya identik dengan perploncoan dan kesenioritasan yang mendarah daging itu, benar-benar dihapuskan dalam OSPEK kali ini. Dengan mengangkat sebuah tema “Bertaqwa, Cerdas, dan Berkarakter”, para panitia yang berada di bawah naungan BEM STDI Imam Syafi’i berupaya menyusun sebuah kegiatan yang bermanfaat untuk agama dan kemaslahatan mahasiswa baru.

Para mahasiswa baru pun merasakan adanya perbedaan mendasar dengan kampus lainnya atau masa MOS yang pernah mereka jalani semasa SMA/SMK atau pun SMP/MTs. Tidak adanya kekerasan fisik maupun mental, penindasan, perpeloncoan, aturan-aturan konyol, peraturan-peraturan yang memberatkan, baju-baju dan aksesoris aneh, atau pun kegiatan yang membuat mereka menaruh rasa dendam terhadap panitia di kemudian harinya.

Justru sebaliknya, OSPEK STDIIS ini benar-benar memahasiswakan mahasiswa baru. Dengan dimulainya pembukaan kegiatan OSPEK oleh Ketua STDI Imam Syafi’i, Dr. Muhammad Arifin Badri, MA, mereka menjalani kuliah-kuliah umum yang diisi langsung oleh para doktor STDIIS. Dibentuklah mereka dalam beberapa kelompok dan setiap kelompok didampingi oleh satu panitia yang akan mengayomi dan melayani mereka ketika mereka membutuhkan bantuan. mereka juga dikenalkan dengan dosen-dosen STDIIS dan karyawannya bahkan satpam dan tukang sapu pun diminta untuk hadir dalam pengenalan karyawan. Begitu pula mereka dikenalkan dengan sejarah kampus, lingkungan sekitar, perpustakaan, dan lain-lain.

Para peserta kemudian menjalani kegiatan-kegiatan berupa gali potensi yang akan membuat mereka tahu tentang potensi masing-masing, studi kasus yang membuat mereka tahu cara menanggapi dan mengolah masalah dengan bijak, diskusi kelompok yang membuat mereka berlatih dalam berdiskusi, interaksi masyarakat yang membuat mereka berlatih dalam berhubungan sosial, dan lainnya.

Tugas yang mereka kerjakan pun berupa tugas-tugas yang akan membuat ilmu mereka bertambah dan mendekatkan mereka kepada al-qur’an dan as-sunnah. Mereka diberi tugas membuat resume ketika kuliah umum, membuat karya tulis dengan bahasa arab, menghafal hadits tiap pagi yang kemudian diujikan pada hari ketiga, membuat resume dari kegiatan interaksi masyarakat, menampilkan minat dan bakat mereka pada acara STDI mencari bakat, dan acara-acara yang menarik lainnya.

Berbeda dengan OSPEK tahun lalu, OSPEK kali ini benar-benar meriah dengan adanya 14 penghargaan untuk mahasiswa baru. Diantaranya penghargaan peseta terbaik, resume terbaik, karya tulis terbaik, kelompok terbaik, kelompok diskusi terbaik, kelompok studi kasus terbaik, juara hafalan hadits, dan lainnya. Hadiahnya pun mencapai jutaan rupiah. OSPEK 2014 ini pun dirancang dengan berbagai macam acara-acara yang inovatif yang belum ada sebelumnya. Berupa acara interaksi masyarakat, jalan santai, adanya pendamping kelompok, dan acara puncak STDI mencari bakat, serta lainnya.
OSPEK pun ditutup dengan sambutan Bapak Sanusin Muhammad Yusuf, MA selaku penanggung jawab OSPEK di masjid kampus lantai 2 dan dilanjutkan dengan malam puncak penganugerahan dan pemberian hadiah bagi para juara. Secara umum, OSPEK tahun ini benar-benar menguras tenaga dan pikiran panitia maupun peserta. Namun, semuanya merasakan kesan mendalam dan rasa senang yang luar biasa dengan keikutsertaannya dalam kegiatan tersebut.

Semoga OSPEK STDI Imam Syafi’i tahun ini benar-benar bermanfaat untuk para pihak yang terlibat dan diberkahi oleh Allah subhanahu wa ta’ala, dan semoga OSPEK pada tahun-tahun mendatang bisa menjadi lebih baik lagi. Amin.

This slideshow requires JavaScript.

Penulis : Afwan Awwab
Editor: Winning Son Ashari


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *