Lomba Hafalan Hadits dan Mutun Hadits

Segala puji hanyalah milik Allah yang tiada sekutu bagi-Nya. Dialah yang melukiskan biru indah di langit, mengalirkan samudera yang luas dan mengokohkan gunung nan menjulang tinggi. Shalawat berangkai salam untuk Rasulullah sang teladan yang menanti umatnya di telaga kelak.

Hadits merupakan suatu hal yang tidak bisa dipisahkan dari Islam. Hadits merupakan landasan utama setelah Kitabullah. Dimana kemuliaanya berbanding lurus dengan kemuliaan Sang Rasul pilihan yang tidaklah terucap dari mulutnya melainkan mutiara-mutiara Al-Haq, Sang Panutan yang berakhlaq Al-Qur’an.

Maka mempelajari hadits termasuk keutamaan besar, Rasulullah pernah berdoa agar Allah memberikan cahaya bagi seseorang yang mendengar haditsnya kemudian menyampaikannya sebagaimana ia dengar. Maka tidaklah seseorang terhalang darinya melainkan terhalang dari kebaikan yang tak terkira. Dahulu, para sahabat sangat bersemangat dalam mengumpulkan hadits-hadits Rasulullah dan mengamalkannya, namun setelah Beliau wafat para sahabat pun berpencar ke berbagai penjuru, mengajarkan Kalamullah dan Sunnah, setiap orang dari mereka membawa pecahan mutiara ilmu yang Beliau ajarkan. Dan setelah generasi para sahabat mutiara ilmu tersebut terus dibawa, dipelajari, diajarkan dan diamalkan sampai pada kita saat ini.

Untuk menapaki jejak para pendahulu ummat, maka FOKUS (Forum Kajian Ilmu Hadits) menyelenggarakan lomba Menghafal Hadits dan Matan Mustholah Hadits.

Untuk lomba menghafal hadits terdiri dari dua cabang :

  1. 100 Hadits dari kitab Al-Muharror karya Al-Imam Ibnu Abdil Hadi.
  2. 150 Hadits dari kitab yang sama.

Dan untuk lomba menghafal matan diambil dari matan Nukhbatul Fikr karya Al-Imam Ibnu Hajar. Untuk babak penyisihan akan diseleranggakan pada tanggal 20 Oktober 2016. Adapun Final akan dilaksanakan pada tanggal 28 & 29 Oktober 2016. Demikian, semoga Allah memberikan naungan kepada kita pada hari tiada naungan melainkan nauangan-Nya, dan semoga Allah mengumpulkan kita bersama Nabi-Nya di surga kelak. Aamiin.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *