FAKIH (FORUM KAJIAN ILMU FIKIH)

fakih

FAKIH STDI IMAM SYAFI’I
Gudang Ilmu Fikih

Sudah menjadi tugas bagi seorang mahasiswa, untuk memperdalam wawasan keilmuannya kapan saja dan di mana saja, tidak terikat hanya saat tatap muka di kelas saja. Karena diakui bahwa ilmu yang didapatkan di dalam kelas amat sangat terbatas, butuh pendalaman di luar kelas.

Karena alasan itulah mahasiswa prodi ahwal syakhsiyyah kampus STDI Imam Syafi’i bersepakat untuk membuat sebuah forum ilmiah mahasiswa, yang mampu mewadahi kegiatan mahasiswa dalam mengembangkan keilmuannya dalam bidang fikih.

Akhirnya dibentuklah sebuah forum ilmiah yang diberi nama FAKIH akronim dari Forum Kajian Ilmu Fikih. Forum ini diresmikan pada tanggal 30 April 2015 oleh pembina saat ini yaitu Ustadz Muhammad Yasir, Lc.
Secara struktural, FAKIH berada di bawah prodi Ahwal Syakhsiyyah yang dipimpin oleh seorang ketua dan dibantu oleh sekertaris dan bendahara. Untuk menjalankan roda kegiatan organisasi, FAKIH memiliki empat departemen yang masing-masing memiliki tugas khusus. Keempat departemen tersebut adalah : Departeman Kajian Ilmiah, Departemen Penulisan dan Penelitian, Departemen Media dan Publikasi, dan yang terakhir adalah Departemen Pengembangan SDM.

FAKIH memiliki cita-cita kedepan untuk menjadi forum ilmiah mahasiswa terkemuka dalam pengkajian fikih klasik dan kontemporer serta penerapannya, untuk kemanfaatan masyarakat luas. Untuk mewujudkannya, maka akan ditempuh dengan cara berikut :

  1. Mengembangkan kajian dan kegiatan dalam bidang fikih guna menunjang kapasitas keilmuan mahasiswa dan masyarakat.
  2. Menghasilkan karya tulis ilmiah berdasarkan penelitian kepustakaan dan kejadian yang tengah berkembang.
  3. Mengoptimalkan media informasi sebagai sarana penyebaran hasil kajian, kegiatan, dan penelitian.
  4. Melakukan regenerasi yang efektif dan berkesinambungan untuk menghasilkan generasi penerus yang berkualitas.

Sebagai organisasi yang ingin menebarkan manfaat bagi orang banyak, maka FAKIH berusaha mengadakan kegiatan seperti kajian kitab ulama, diskusi panel, seminar dan pelatihan, penulisan makalah ilmiah, penulisan buku, serta melakukan studi banding dengan organisasi lainnya.

Bagi yang ingin mengetahui lebih mendalam mengenai profil FAKIH dan kegiatan-kegiatannya, ataupun ingin menanyakan permasalahan yang berhubungan dengan fikih, pembaca dapat mengunjungi website FAKIH yang beralamatkan www.Fakih.id atau dengan cara me-like fanspage FAKIH di facebook dengan nama FAQIH STDI IMAM SYAFI’I.

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *