TAHFIDZ AL QURAN BOARDING HOUSE “PESONA AL QURAN”

TAHFIDZ AL QURAN BOARDING HOUSE

“PESONA AL QURAN”

Segala puji bagi Allah, sesembahan yang haq. Dialah yang telah mengutus rasul-Nya untuk membuktikan kepada seluruh alam kebenaran petunjuk-Nya. Dia pula yang menunjuki manusia kepada jalan hidayah atau jalan kesesatan, dengan-Nya tiada keraguan atas segala yang benar dan menjadi nyata segala yang menyimpang.

Sholawat serta salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wassallam, beliau merupakan Nabi akhir zaman, tiada lagi Nabi setelah beliau.

Kita mengetahui bersama bahwa Al-Qur`an merupakan kitab yang Allah turunkan sebagai petunjuk bagi semua umat manusia, di dalamnya terdapat berbagai hikmah dan aturan yang bertujuan memberikan arahan kepada seluruh manusia untuk kembali kepada jalan-Nya.

Selain itu, Al-Qur`an adalah sumber dari segala ilmu dan pondasinya, maka dari itu sudah menjadi kebiasaan para ulama terdahulu, hidup mereka tidak akan pernah lepas dari Al-Qur`an, bahkan mereka menghafalnya secara sempurna sejak kecil, dan mereka selalu menjaga hafalan Al-Qur`annya sampai mereka tua, sehingga mereka memperoleh dua keistimewaan sekaligus, pertama mereka mendapatkan ilmu dan petunjuk dari Al-Qur`an yang telah mereka hafal, kedua hidup mereka lebih diberkahi dan Allah angkat derajat mereka di dunia dan di akherat melebihi orang-orang yang enggan menghafalnya.

Melihat kondisi masyarakat secara umum, dan pemuda secara khusus, kita dapati mereka merasa kesulitan untuk memulai menghafal bahkan ragu-ragu untuk memulainya, banyak sekali rintangan yang menghadang, diantaranya susah mencari waktu untuk menghafal atau sulit untuk konsisten dalam menghafal, dan berbagai godaan dan kesibukan lainnya yang melemahkan semangatnya untuk menghafal.

Al-Qur`an sangat mungkin untuk dihafal oleh segala usia, dari usia yang paling muda sampai usia yang paling tua. Kuncinya hanya satu, yaitu kemauan yang diwujudkan oleh tindakan nyata.

Berangkat dari semua alasan inilah Pesona Al-Qur’an Patrang dibawah naungan atau tanggung jawab P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STDI IMAM SYAFI’I JEMBER sebagai wadah atau tempat kegiatan menghafal Al-Qur’an bagi kaum muslimin pada umum nya dan bagi mahasiswa khusus nya. Karena lokasi Pesona Al-Qur’an yang dekat dengan wilayah kampus (STIKES Soebandi, UNEJ, POLIJE, UNMUH) tepat nya di Perum. Pesona Regency Blok AA 19, Patrang-Jember dan karena pemuda adalah sebagai penerus generasi yang sudah berlalu, sehingga kegiatan Tahfidz ini lebih kami fokuskan bagi para mahasiswa agar kedepan dapat menghasilkan pemuda yang ahli dalam bidang ilmu dunia, namun memiliki bekal hafalan Al-Qur’an dan dasar-dasar ilmu agama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *