Seminar Manajemen Pengelolaan Mutu

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى بِنِعْمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ

Alhamdulillah alladzi bi ni’matihi tatimmus shalihat” yang artinya segala puji bagi Allah yang dengan kenikmatan-Nya menjadi sempurna segala amal sholih

 

STDI Imam Syafi’i telah melaksanakan Seminar Nasional bertajuk “Seminar Pengembangan Institusi: Ikhtiar Menuju Lembaga Pendidikan Yang Berkualitas” yang dilaksanakan pada tanggal 27-29 Dzulhijjah 1439 Hijriyah (8-10 September 2018). Dalam seminar ini, STDI Imam Syafi’i mengundang pakar lembaga pendidikan dan asesor perguruan tinggi Dr. Drs. Cuk Imawan, M.Si (Dosen Mipa Fisika Universitas Indonesia).

Seminar ini dibagi menjadi tiga sub tema seminar yang diikuti oleh mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Sesi seminar pertama berjudul “Peningkatan Literasi Mahasiswa Untuk Solusi Masalah” diselenggarakan untuk mahasiswa STDI Imam Syafi’i. Pembicara mengingatkan bahwa pentingnya memaksimalkan literasi untuk mengidentifikasi, memahami, dan menafsirkan suatu fenomena atau permasalahan. Di hari selanjutnya, dosen dan tenaga kependidikan yang berpartisipasi mengikuti seminar yang bertema “Tertib Administrasi Untuk Pelayanan Prima”. Dalam seminar ini, pemateri mengingatkan pentingnya tertib administrasi yang dapat berguna bagi keperluan akreditasi dan sebagai masukan pemimpin perguruan tinggi dalam pengambilan keputusan. Hari terakhir, peserta seminar mengikuti seminar dengan sub tema “Manajemen Pengelolaan Mutu Pendidikan Tinggi”. Pemateri fokus memberikan materi seputar akreditasi pergruruan tinggi. Materi seminar meliputi teori hingga tips dan trik pengisian borang akreditasi.

Pemateri Dr. Drs. Cuk Imawan, M.Si dalam kesan dan pesannya mengatakan STDI Imam Syafi’i merupakan cara yang efektif dalam dakwah Islam. Institusi yang akan menghasilkan da’i-da’i yang akan tersebar ke seluruh penjuru nusantara menyebarkan dakwah Islam. Pak Cuk Imawan optimis STDI Imam Syafi’i memiliki potensi yang besar menjadi kampus bertaraf internasional. Materi perkuliahan yang disampaikan dalam Bahasa Arab, sangat memungkinkan untuk memperbesar pasar penerimaan mahasiswa baik di tingkat regional dan internasional. Selain itu, beliau juga mengungkapkan kebahagiaannya dapat mengunjungi kampus STDI Imam Syafi’i dan selalu siap berkontribusi demi kemajuan kampus tercinta. (Iqbal)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *