Sekolah Berstandar Internasional Ini Berharap Dapat Kunjungi STDIIS Jember Setiap Tahun

Jember (stdiis.ac.id) – Guna memperkuat aqidah dan akhlak para siswanya, salah satu sekolah berstandar Cambridge International School di Indonesia, Fitrah Islamic World Academy (FIWA), melaksanakan Rihlah Ilmiyah ke Kampus STDIIS Jember. Memboyong sebanyak 51 siswa dan 12 guru, Rihlah bertema “Memperkuat Aqidah dan Akhlak di Era Millenial” ini berlangsung dari tanggal 24 – 30 November 2019.

Foto: Siswa FIWA Kajian bersama Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.

“Kami juga ingin menanamkan kepada anak-anak, bagaimana merasakan rihlah dalam menuntut ilmu, dan jarak Bogor dengan STDI ini kan kurang lebih 1000 KM, itu juga salah satu motivasinya, supaya mereka bisa merasakan bagaimana yang dirasakan ulama-ulama terdahulu ketika rihlah menuntut ilmu itu.” Ujar Ustadz Asyafurrijal, Ketua Koordinator Diniyah FIWA.

Hal lain yang menopang motivasi FIWA untuk mengunjungi kampus ini  juga dikarenakan banyaknya alumni STDIIS Jember yang mengajar di sekolah dengan penasehat Ustadz Dr. Sufyan Baswedan, Lc., M.A. ini.

“(Para alumni STDIIS Jember) Ada di bagian Bahasa Arab, bagian diniyah, bagian kedisiplinan, tahfidz, (dan) muaddib.” Terang ustadz asli Makassar ini.  

Foto: Salah Seorang Siswa Bertanya Kepada Ustadz Saat Kajian Berlangsung

Agenda selama berada di STDIIS Jember, puluhan siswa yang terdiri dari siswa kelas 9, 10, 11 dan 12 FIWA ini diajak untuk menikmati sensasi menuntut ilmu, bertatap muka dan berinteraksi langsung dengan para asatidzah dan kesempatan mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas.

“Kebanyakan dauroh-dauroh dari para asatidzah, kemudian beberapa kali ikut belajar juga di kelas mahasiswa, supaya anak-anak bisa merasakan bagaimana suasana pembelajaran.” Lanjut Ustadz yang telah mengabadikan dirinya di FIWA sekitar 3 tahun ini.

Foto: Siswa FIWA belajar bersama Ustadz Muhammad Yassir, Lc., M.H.

Ini merupakan kunjungan perdana FIWA, besar harapan mereka, bahwa STDIIS Jember dapat menerima kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan mereka.

“Harapan kami untuk STDI, memberikan izin ke kami untuk melakukan acara – acara serupa. Kalau bisa dilakukan setahun setahun sekali, syukur-syukur kalau diberikan izin 1 semester sekali.” Tawarnya sambil tertawa.

Dalam dauroh ini, siswa FIWA terlihat sangat antusias menikmati indahnya menuntut ilmu agama dan bermajelis bersama para asatidzah, walaupun agenda mereka selama di Jember sangatlah padat.

“Lebih kepada bagaimana mereka bisa bermajelis dengan para ulama-ulama kita ya, khususnya yang bermanhaj Ahlus Sunnah wal Jama’ah, itulah yang sebenarnya kita dapatkan, kenapa STDI menjadi destinasi rihlah untuk saat ini.” Paparnya.

Informasi tentang kampus STDIIS Jember ini juga diketahui FIWA dari banyaknya para asatidzah yang mengisi kajian-kajian di wilayah Jabodetabek.


Yusnizar Sufi Ramadhan, S.S.

Humas P3M STDIIS Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *