Program “Pesantren Masyarakat” Menjadi Target Utama KKN STDIIS Jember 2019

Jember (stdiis.ac.id) – Pengabdian Masyarakat melalui Program KKN akan kembali dilaksanakan Kampus STDIIS Jember. Program tahunan di bawah naungan Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STDIIS ini akan menerjunkan 8 kelompok mahasiswa STDIIS Jember pada tanggal 22 Juli 2019 – 22 Agustus 2019 di 17 desa, 9 kecamatan, dan 3 kabupaten di Jember, Bondowoso, dan Donggala.

Pesantren Masyarakat adalah target utama Mahasiswa STDIIS Jember. Pesantren Masyarakat ini adalah sebuah wadah bagi masyarakat untuk belajar agama, tidak hanya diperuntukkan bagi kawula muda saja, tapi juga bagi masyarakat yang sudah berumur, juga dapat belajar bersama.

“Kita harapkan nanti bisa menjalin kerjasama dengan pemudanya dan kenapa disebut pesantren masayarakat, supaya masyarakat ikut memiliki pesantren ini.” ungkap Muhammad Nur Faqih, Ketua KKN STDIIS 2019.

 

KKN STDIIS 2018 (Source : Instagram : kknstdiis_official

Hal ini diharapkan linier dengan tema yang mereka usung yakni Sustainable (berkelanjutan), Feasible (mudah), and Effective (efektif). Program ini diharapkan berkelanjutan, tidak berhenti seketika program KKN ini usai. “Kami targetkan tiap kelompok di tiap desa yang nanti bisa atau berpotensi berkepanjangan.” Imbuhnya.

Anak- anak muda di suatu desa adalah potensi yang sangat besar sekali. Dia berbagi tentang trik khsusus mendekati anak – anak muda dan masyarakat di sebuah desa yang akan mereka tempati. Sebelum mereka mengabdi di sana, mereka berkenalan dengan tokoh – tokoh masyarakat di desa terlebih dahulu, juga membaca potensi dan kebiasaan masyarakat setempat. Tanpa serta merta langsung menerjunkan Mahasiswa STDI untuk mengajar di sana. ”Kita ngelibatin masayarakat setempat, jadi masayarakat punya rasa memiliki dan pemudanya punya kepercayaan ke kita. Kenapa? Loh itu kan ada sesepuh dari desa ini ikut.” Kata mahasiswa semester 6, Program Studi Ilmu Hadist ini.

Di tahun sebelumnya, KKN STDIIS telah menghiasi ruang gerak masyarakat dengan berbagai kegiatan positif, di antaranya Dakwah Sosial (Daksos) , gotong-royong dengan masyarakat, memperbaiki fasilitas masjid, mengajar pendidikan formal seperti di SD dan SMP atau di pendidikan non formal di luar sekolah seperti les dan TPQ, dan melaksanakan kajian agama bersama warga.

KKN STDIIS 2018 (Source : Instagram : kknstdiis_official

Bagi Anda yang ingin bersama-sama mendukung Dakwah STDI melalui Pengabdian Masyarakat ini, dapat mengirimkan Donasi Anda melalui BNI Syariah dengan nomor rekening 9881-4289-2207-2019. Konfirmasi ke nomor 0857 8396 0843 dengan format Nama#tanggal transfer#Jumlah. Semoga menjadi sedekah jariyah Anda! Rasulullah shallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631). Kami menyampaikan Terima Kasih, Jazaakumullahu Khairan wa Baarakallahfiikum


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *