PEMBEKALAN PRAKTIKUM KEPERDATAAN ISLAM DAN PERADILAN AGAMA

Segala puji hanyalah milik Allah Rabbul ‘Alamin shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada junjungan kita Nabi muhammad Shallahu ‘Alaihi Wasallam kepada keluarganya, para sahabat, dan orang-oraqng yang setia mengikuti jejak mereka amma ba’du.

Praktik kerja lapangan bagi jurusan Ahwal Syakhsiyyah merupakan agenda yang terintegrasi dengan dua mata kuliah yang diajarkan di kampus STDI Imam Syafi’i yaitu mata kuliah Hukum Pencatatan Perkawinan dan Peradilan di Indonesia. Pada setiap semester VI mahasiswa jurusan Ahwal Syakhsiyyah menjalani praktikum keprdataan Islam (KUA) dan peradilan Islam yang didahului dengan terpenuhinya masing-masing SKS dari dua mata kuliah tersebut.

Dunia praktik bisa jadi akan berbeda dengan teori yang dipelajari mahasiswa di bangku kuliah. Oleh karena itu, untuk menjembatani sebuah kesenjangan antara teori dengan praktik maka perlu terlebih dahulu deperkenalkan sejarah dan Fungsi kelembagaan terkait (KUA dan PA) melalui pembekalan.

Oleh karenanya STDI Imam Syafi’i, terkhusus Prodi Ahwal Syakhsiyyah menyelenggarakan acara pembekalan kepada mahasiswa yang akan menempuh praktikum sebelum mereka diterjunkan ke dalam lembaga pemerintahan yang ditunjuk. Tujuan lain dari acara pembekalan adalah untukĀ  lebih memantapkan langkah dan menentukan strategi apa saja yang dapat mendukung keberhasilanĀ  agenda yang direncanakan.

Acara ini di laksanakan pada 5 Januari 2015 yang bertempat di Ruang Teori 07 STDI Imam Syafi’i. Adapun tamu undangan yang dihadirkan pada kesempatan ini adalah:

– Drs Abdulloh, M.H. selaku BIMAS islam KEMENAG, yang diwakilkan oleh Drs. Suyono.

– Drs. Khamamudin, M.H.I. selaku perwakilan dari Pengadilan Agama Jember.

Dengan demikian diharapkan kepada mahasiswa praktikum agar dapat mendapat kejelasan dan bekal untuk mereka menghadapi dunia administrasi perkantoran di lembaga pemerintahan. Terutama pada Kantor Urusan Agama dan Pengadilan Agama.

SAM_1945 SAM_1952 SAM_1954 SAM_1984 SAM_1989

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *