Pelatihan SPMI dan AMI di Universitas Gadjah Mada

Sebagai wujud keseriusan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi, Lembaga Penjaminan Mutu STDI Imam Syafi’i mengikuti Pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal dan Audit Mutu Internal (SPMI-AMI) yang diselenggarakan oleh Kantor Jaminan Mutu Universitas Gadjah Mada. Pelatihan yang berlangsung pada tanggal 17-21 September 2018 di Hotel Eastparc Yogyakarta ini diikuti oleh Admin Lembaga Penjaminan Mutu STDI Imam Syafi’i Mohammad Iqbal, S.Sos.

Pelatihan ini dibagai menjadi dua bagian yaitu Sistem Penjaminan Mutu Internal yang berlangsung dua hari dan dilanjutkan Audit Mutu Internal yang berlangsung tiga hari. Pada pelatihan Sistem Penjaminan Mutu Internal, peserta diberikan materi tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi dan Sistem Penjaminan Mutu Internal. Selain itu, peserta juga diberikan penjelasan Sistem Penjaminan Mutu Internal Universitas Gadjah Mada beserta pengalamannya dalam mewujudkan budaya mutu di kampusnya. Pada hari kedua, materi membahas dokumen akademik dan dokumen mutu. Peserta dijelaskan bagaimana membuat dokumen mutu yang menjadi pedoman implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal. Peserta dibagi menjadi kelompok-kelompok yang kemudian diberikan latihan evaluasi secara berkelompok untuk membuat dokumen SPMI.

Pelatihan Audit Mutu Internal bertujuan mencetak auditor mutu internal yang menjamin implementasi sistem penjaminan mutu internal di perguruan tingginya masing-masing. Peserta diberikan penjelasan siklus audit dari tahap perencanaan hingga praktek simulasi audit. Selain itu, peserta juga mendapat materi teknik bertanya yang bertujuan mendapatkan temuan audit. Setelah semua materi telah disampaikan, peserta harus mengikuti ujian tulis yang menjadi syarat kelayakan dan kepatutan menjadi auditor mutu internal. Peserta yang berhasil lulus akan mendapatkan sertifikat yang menjamin kredibilitas menjadi auditor mutu internal. (Iqbal)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *