LOMBA TPQ (TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN) SE-JEMBER

Firman Allah Ta’ala: Artinya: “Allah akan meninggikan derajat orang orang yang beriman diantara kamu dan orang orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat (mujadilah:11)

Hadits Rasulullah –shalallahu ‘alaihi wasallam -: Artinya: sebaik baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya (Riwayat Bukhory).

Surat keputusan menteri agama dan menteri dalam negeri RI nomor: 128 tahun 1982 atau nomor 4A tahun 1984 tentang “usaha peningkatan,
Penghayatan, dan pengamalan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari hari.

Keberadaan TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an) di masa sekarang merupakan angin segar bagi orangtua. Ketika pergaulan bebas dan globalisasi mulai menjamah masyarakat, berakibat pada pengaruh kepada perkembangan dan psikologi anak. Kurikulum TPQ dengan menanamkan dan mengajarkan etika-etika islami dapat membentengi pengaruh pergaulan dalam tumbuh kembang anak.

Kegiatan “Musabaqah TPQ binaan dakwah se-Jember” dengan tema “BINA ANAK SHOLIH 2014” merupakan kegiatan awal yang diselenggarakan oleh P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) STDI IMAM SYAFI’I. Kegiatan yang diselenggarakan pada Ahad, Ahad, 22 Shafar 1436 H / 14 Desember 2014 M di masjid Ar-Rahmah Kampus STDI Imam Syafi’i mampu menghadirkan peserta lebih dari 12  TPQ se-Jember. TPQ – TPQ yang diundang merupakan TPQ binaan mahasiswa STDI Imam Syafi’i yang dikoordinasi oleh P3M.

Perlombaan yang diajukan pada kesempatan ini berupa: lomba Tahfidul Qur’an, lomba Tahsin, lomba Adzan, dan lomba Cerdas Cermat. dari masing masing lomba diraih dua juara putra dan putri. Dan pada kegiatan BIAS 2014, juara umum diraih oleh TPQ Darul Muhsinin.

Adapun beberapa tujua ndiadakan kegiatan BIAS 2014 ini diantaranya:

1. Sebagai media jalinan ukhuwah antara STDI Imam Syafi’i dan TPQ.
2. Sebagai sarana membangun potensi dan kreatifitas anak didik.
3. Sebagai sarana menumbuhkan kesadaran akan pentingnya nilai pembelajaran berkarakter keagamaan kepada sejak dini.
4. Sebagai sarana memberikan semangat dan motivasi kepada santri untuk lebih dalam mengenal agama islam

Semoga dengan kegiatan ini merupakan titik awal untuk mengenalkan dan menyebarkan pengajaran pengajaran agama islam baik di masjid masjid maupun ditempat lain. Terutama pengenalan tentang pengetahuan agama islam kepada generasi penerus yang akan menerima tongkat estafet ketika masa kejayaan pendahulunya telah tertuai.

SAM_1767 SAM_1708

SAM_1710  SAM_1707

 

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *