Kantongi Akreditasi B, Kaprodi Ilmu Hadits STDIIS Jember: Alhamdulillah!

Jember (stdiis.ac.id) – Akhirnya, setelah melalui proses asesmen yang panjang, Program Studi Ilmu Hadits STDIIS Jember terkreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ditetapkan sejak tanggal 28 Mei 2019, skor yang didapatkan prodi ini adalah 344. Proses asesmen ini berlangsung pada hari Jum’at tanggal 24 Mei 2019 dan memakan waktu sekitar 8 jam.

Tim asesor BAN-PT yang ditugaskan untuk asesmen lapangan terhadap program S1 Prodi Ilmu Hadits STDIIS Jember adalah Yusuf Rahman, M.A. Ph.D dari Universitas Islam Hidayatullah dan Dr. A. Asyari Ulamai, M.Ag. dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

 

Kaprodi Ilmu Hadits STDIIS Jember bersama Asesor BAN-PT

Kaprodi Ilmu Hadits,  Ustadz Nur Kholis, Lc., M.Th.I, menjelaskan jika pihaknya sudah maksimal dalam mempersiapkan borang dan bukti fisik, namun ternyata tidak cukup hanya borang 3A saja, tetapi juga borang 3B yang perlu adanya perbaikan terkait bukti-bukti fisik, tentang visi misi institusi, tingkat pemahaman dosen, karyawan dan lain sebagainya. “Itu semua butuh bukti fisik, diantaranya angket atau kuesioner.” Ujarnya, Rabu (29/05/2019).

Disinggung soal nasib alumni Prodi Hadits STDIIS Jember, Dosen lulusan Universitas Islam Madinah ini begitu bangga menceritakan anak-anak didiknya yang telah banyak mengabdi di lembaga-lembaga dan diterima baik di masyarakat, bahkan sebelum lulus, beberapa dari mereka sudah ada yang sudah diterima bekerja.

Ada yang mengajar di Madrasah Aliyah Al Ukhuwah Sukoharjo (Jawa tengah), Pondok Pesantren Islamic Centre Bin Baz (Yogyakarta), Fitra Islamic World Academy (FIWA) (Bogor), Pondok Pesantren Riyadhussholihiin (Pandeglang), juga ada yang di luar Jawa seperti di Pondok Pesantren Darul-Qur’an Wal-Hadits di Sumatra dan di lembaga – lembaga lainnya. Tentu hal itu merupakan salah satu point unggul Prodi Hadits saat proses asesmen lapangan oleh BAN-PT. “Alhamdulillah tidak ada (alumni) yang nganggur”. Tuturnya.

 


Yusnizar Sufi Ramadhan, S.S.

Humas P3M STDIIS Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *