DAUROH TAHSIN DAN TAJWID BERSANAD

Untuk kesekian kalinya Departemen Dakwah & Ta’lim BEM STDI Imam Syafi’i kembali mengadakan kegiatan kemahasiswaan demi meningkatkan kapasitas keilmuan mahasiswa STDI Imam Syafii Jember. Kali ini, kegiatan yang diadakan adalah “Dauroh Tahsin & Tajwid Bersanad” yang berlangsung selama 5 hari, terhitung sejak tanggal 3-7 Mei 2015.

Dauroh yang diikuti oleh 35 mahasiswa terpilih ini, mengambil Syaikh Abdul Karim Al Jazairy sebagai narasumber tunggal. Pada dauroh kali ini, Syaikh membahas kaidah ilmu tajwid dari matan Tuhfatul Athfal karya Syaikh Sulaiman bin Husain bin Muhammad bin Syalaby Al Jamzury, dan mengacu pada kitab “Taqribul Manaal bi syarhi Tuhfatil Athfal” karya Syaikh Hasan bin Hasan Dimisyqiyyah.

Selain diisi oleh penjelasan kaidah ilmu tajwid, acara tersebut juga dilengkapi dengan halaqah tahsin tilawatil Qur’an yang diampu langsung oleh pemateri dauroh, Syaikh Abdul Karim Al Jazairy, ahli qira’ah asal Aljazair.

Di sela-sela acara dauroh, syaikh memberi kesempatan bagi peserta untuk menyetorkan hafalan matan Tuhfatul Athfal dan Muqoddimah Ibnil Jazary dan kemudian memberikan sanad ijaz kepada mereka yang memiliki kualitas hafalan memuaskan. Selain memberikan sanad matan Tuhfatul Athfal, beliau juga memberikan sanad syarahnya (kitab Taqribul Manaal) kepada para peserta yang lulus ujian di akhir rangkaian acara.

Semoga ilmu yang bermanfaat akan selalu menaungi para pemiliknya hingga nanti. wallohu a’lam

11209595_294223720701577_22598891647895420_n


One thought on “DAUROH TAHSIN DAN TAJWID BERSANAD

  • May 12, 2015 at 6:25 am
    Permalink

    بارك الله فيـــــــكم

    ممتاااااااااااااز

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *