Benahi Poin Akreditasi, P3M STDIIS Jember Undang Seluruh Dosen dalam Workshop Sitasi Karya Ilmiah

Jember (stdiis.ac.id) – Guna Mewujudkan Visi dan Misi kampus, serta membenahi poin akreditasi pasca asesmen kampus beberapa bulan lalu, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarat (P3M) STDIIS Jember melaksanakan sebuah workshop bertajuk “Peningkatan Sitasi Karya Ilmiah Dosen dan Sosialisasi Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat”. Acara ini berlangsung pada tanggal 22 Oktober 2019 di AULA kampus dan diikuti oleh jajaran Dosen. 

Agenda di sesi pertama adalah sosialisasi buku pedoman penelitian dan pengabdian masyarakat P3M STDI Imam Syafi’i Jember oleh Ustadz Dr. Irfan Yuhadi, M.S.I. selaku Kepala Divisi Jurnal dan Penelitian.

Foto: Ustadz Dr. Irfan Yuhadi, M.S.I. saat melakukan Sosialisasi Buku Pedoman Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Sosialisasi ini merupakan bentuk ikhtiar untuk mewujudkan Tridharma Perguran Tinggi, khususnya dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Buku pedoman ini menjadi pegangan krusial bagi para dosen sebelum melakukan penelitian, agar sesuai dengan Visi STDIIS Jember yakni, “Menjadi Perguruan Tinggi Terkemuka dalam Melahirkan Intelektual Muslim yang Profesional.”

Dalam buku panduannya, ustadz Irfan menjelaskan secara lugas tentang data para peneliti STDIIS Jember, target selama 5 tahun ke depan, estimasi dana, serta penelitian – penelitian unggulan para dosen di Program Studi Ahwal Syakhsiyah dan Program Studi Ilmu Hadis.

Sementara di sesi ke dua, peserta workshop mendapatkan teori dan praktik secara mendetail tentang kebermanfaatan google scholar, fitur-fitur dan penggunaanya dalam publikasi karya ilmiah secara online oleh praktisi IT, Hasan Busro, S.P.

Foto: Praktisi IT, Hasan Busro, S.P. Saat Menyampaikan Materi di Hadapan para Dosen STDIIS Jember

Selain berdakwah, para dosen juga dituntut untuk melakukan penelitian dan mempublikasikan tulisannya secara massif.

Publikasi online ini diharapkan mendatangkan manfaat yang lebih luas, bagi mahasiswa, dosen, masyarakat umum, serta para peneliti lainnya,  baik dalam lingkup dalam dan luar negeri. Beberapa karya dosen STDIIS Jember dapat diakses melalui
http://ejournal.stdiis.ac.id/.


Yusnizar Sufi Ramadhan, S.S.

Humas P3M STDIIS Jember

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *