Pengelompokan Matakuliah

Dengan mengingat tujuan pendidikan STDI Imam Syafi’i Jember, yakni:

  1.  Menjadikan Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i sebagai pusat kegiatan Pendidikan Tinggi dan Da’wah Islam
  2. Menjadikan Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah Imam Syafi’i sebagai pusat pengembangan dan kaderisasi Sumber Daya Manusia yang beraqidah benar dan berakhlak mulia
  3. Mendidik calon-calon da’i yang memiliki pemahaman yang lurus menuju tertib hidup beragama di bawah naungan dan rahmat Allah Subhanahu wa Ta’ala.

maka, matakuliah program S-1 STAI dikelompokkan ke dalam 4 kelompok matakuliah berikut:

  • Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK).
  • Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK).
  • Matakuliah Keahlian dan Perilaku Berkarya (MKPB).
  • Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB).
  1. Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) adalah matakuliah yang memberikan dasar-dasar pembinaan dan pengembangan kepribadian calon pendidik muslim yang beriman/bertaqwa, istiqomah di dalamnya dan berakhlaq karimah. Kelompok matakuliah ini juga akan mendorong dan mengarahkan para mahasiswa untuk sadar dan bertanggung jawab atas keberlangsungan kehidupan yang baik dan benar sepanjang ajaran Islam pada dirinya, keluarga, masyarakat, dan ummat dalam makna yang luas. Kelompok matakuliah ini harus diikuti oleh semua mahasiswa STDI Imam Syafi’i Jemer.
  2. Matakuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) adalah kelompok matakuliah yang memungkinkan mahasiswa memiliki landasan kemampuan berpikir akademis dan penguasaan ilmu dan kompetensi atau ketrampilan profesional sebagai calon pendidik muslim. Kelompok matakuliah ini merupakan Matakuliah Jurusan dan Prodi.
  3. Matakuliah Keahlian dan Perilaku Berkarya (MKPB) adalah matakuliah untuk memungkinkan bagi mahasiswa mencapai keahlian pendidik berupa ketrampilan menerapkan kompetensi keguruan yang bernilai plus/unggul. Yang mana mereka dapat berkarya sesuai dengan ilmu Agama Islam di bidang pendidikan dan bahasa Arab dan ketrampilan menghasilkan karya ilmiah serta memiliki sikap dan perilaku yang dibutuhkan bagi seorang da’i di dalam berkarya mengamalkan ilmu yang dimilikinya. Kelompok matakuliah ini merupakan Matakuliah Prodi.
  4. Matakuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB). Matakuliah ini dimaksudkan untuk memberikan bekal kepada mahasiswa (kompetensi sosial) tentang keadaan kehidupan bermasyarakat. Matakuliah ini merupakan matakuliah jurusan dan prodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *